EVALUASI SISTEM PENEMPATAN LIGHTNING ARESTER PADA TRANSFORMATOR GARDU INDUK 150 KV PEDAN

Authors

  • Ependi Ependi
  • Slamet Hani
  • Prastyono Eko Pambudi

Keywords:

surja petir, arrester, transformator daya 60 MVA

Abstract

Pemanfaatan energi listrik secara optimum oleh masyarakat dapat terpenuhi dengan handal. Dalam peralatan energi listrik diperlukan pengetahuan mendasar tentang kekuatan peralatan sehingga pelayanan dapat berlangsung dengan baik disaat operasi normal maupun saat terjadi gangguan pada sistem. Transformator merupakan salah satu peralatan yang sangat penting dalam Gardu Induk 150 KV Pedan. Petir yang menyambar saluran menimbulkan surja tegangan. Surja tegangan ini merupakan salah satu penyebab kerusakan pada transformator dan terganggunya sistem dalam menghantarkan daya listrik. Proteksi utama terhadap sambaran petir pada gardu induk adalah lightning arrester. Menghitung tegangan pengenal, faktor perlindungan serta tegangan kerja yang terdapat pada sistem untuk menentukan atau memilih arrester yang handal untuk digunakan. Alat perlindungan transformator daya dari sambaran petir penempatannya pada posisisi yang tepat maka di analisis jarak penempatan untuk diketahui besar tegangan surja.  Tegangan sistem 150 KV, tegangan pengenal 153,25 KV, tegangan kerja 123 KV, faktor perlindungan 69,93%. Nilai tegangan ini dinyatakan dalam harga efektif dan dituliskan pada papan name plate. Dalam praktinkya sistem beroperasi pada tegangan yang tidak sama dengan tegangan nominalnya, adakalanya diatas nominal. Jarak berpengaruh terhadap besar tegangan impuls 13,5 adalah jarak maksimal penempatan. Tegangan lebih dapat merusak peralatan, oleh karena itu peralatan perlu di lindungi dengan tepat serta jarak yang aman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansyori, R., 2014. Analisa Proteksi Petir pada Gardu Distribusi 20KV PT.PLN (Persero) rayon Inderalaya. Universitas Sriwijaya.
Arismunandar., 2007. Teknik Tegangan Tinggi. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Nurul Hidayatulloh., 2009. Kemampuan Arrester untuk Pengaman Trafo Gardu Induk Srondol 150 KV. Universitas Negeri Semarang.
Mujiman., 2014. Proteksi Sistem Tenaga Listrik Pada Saluran 20 KV di PT. PLN (Persero) APJ Yogyakarta. Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.
Parera, L. M., 2009. Analisis Perlindungan Transformator Distribusi yang Efektif Terhadap Surja Petir. Jurnal Teknologi.
Simillang, P., 2013. Analisa Rating Lightning Arrester pada Jaringan Distribusi 70 KV Tomohon-Teling. Universitas Sam Ratulangi.
Tobing, B. L., 2012. Peralatan Tegangan Tinggi edisi kedua. Jakarta: Erlangga.
Wibowo, I. E., 2012. Evaluasi Perlindungan Gardu Induk 150KV Pandean Lamper di Trafo III 60 MVA terhadap Gangguan Surja Petir. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Ependi, E., Hani, S., & Pambudi, P. E. (2019). EVALUASI SISTEM PENEMPATAN LIGHTNING ARESTER PADA TRANSFORMATOR GARDU INDUK 150 KV PEDAN. Jurnal Elektrikal, 5(2), 47–53. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2612

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>