ANALISIS ALIRAN BEBAN 20 KV PADA PENYULANG 15 DAN MANUVER PENYUPLAIAN LISTRIK PENYULANG 3 GARDU INDUK GEJAYAN DENGAN MENGGUNAKAN ETAP 7.0.0

Authors

  • Yuda Agung M W
  • Slamet Hani
  • Prastyono Eko Pambudi

Keywords:

Aliran beban, saluran distribusi, drop tegangan, ETAP Powerstation

Abstract

Pada perencanaan dan pengoperasian sistem tenaga listrik, selain faktor ekonomis dan faktor lingkungan, faktor keamanan dan kehandalan juga sangat penting. Faktor tersebut dapat diketahui dengan cara menganalisis aliran beban suatu jaringan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beban, serta tahanan dan panjang saluran distribusi 20 kV terhadap penurunan tegangan dan rugi rugi daya. Analisis ini menggunakan dua buah penyulang dengan total beban dan total panjang saluran yang berbeda pada keadaan beban puncak menggunakan ETAP Powerstation 7.0.0.

Hasil simulasi menunjukkan drop tegangan pada ujung penyulang Gejayan 15

sebesar 1.28% sedangkan pada ujung penyulang Gejayan 3 sebesar 0.79%. Dan pada saat pelimpahan beban gejayan 3 ke gejayan 15, tegangan masih sangat baik. Drop tegangan hanya sebesar 2.2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dzackiy, Unggul. 2011. “Simulasi Aliran Daya Pada Penyulang 2 Gardu Induk Rawalo Dengan Menggunakan Software Etap
7.0.0.” Semarang : Fakultas Teknik

Universitas Diponegoro Semarang.


Hakiki, Ikhlas. 2011. “Analisa Drop Tegangan Pada Feeder Setapuk Tegangan Menengah 20 KV Di Gardu Induk Sei-Wie PT. PLN (PERSERO) Cabang Singkawang.” Pontianak : Tugas Akhir. Politeknik Negeri Pontianak.

Hani, Slamet. 2006. ”Konstribusi Saluran Bawah Tanah 150 KV Untuk Perbaikan Profil Tegangan Sistem di Yogyakarta.” Yogyakarta
: Tesis. Universitas Gajah Mada

Yogyakarta.


Masruri. 2006. ”Evaluasi Profil

Tegangan Pada Saluran Distribusi

20 KV di PT. PLN (PERSERO) Area Pelayanan & Jaringan (APJ) Yogyakarta Dengan Bantuan ETAP
4.0.0.” Yogyakarta : Skripsi. Fakultas Teknologi Industri IST Akprind Yogyakarta.

Suhadi. “Teknik Distribusi Tenaga Listrik.” Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Sulistyarso, Edhy. 2010. “Analisis Aliran Beban Sistem Distribusi Menggunakan Etap Power Station
4.0.0.” Surakarta : Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

M W, Y. A., Hani, S., & Pambudi, P. E. (2019). ANALISIS ALIRAN BEBAN 20 KV PADA PENYULANG 15 DAN MANUVER PENYUPLAIAN LISTRIK PENYULANG 3 GARDU INDUK GEJAYAN DENGAN MENGGUNAKAN ETAP 7.0.0. Jurnal Elektrikal, 1(2), 1–12. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2587

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>