ANALISIS SISTEM GOVERNOR DALAM MENJAGA KESTABILAN FREKUENSI PADA PT. INDONESIA POWER UP MRICA SUB UNIT PLTA WADASLINTANG

Authors

  • Khajib Masruhan
  • Prastyono Eko Pambudi
  • Mujiman Mujiman

Keywords:

Governor, Frekuensi, Guide Vane

Abstract

Di zaman modern ini, listrik merupakan peranan penting keberadaanya di dalam masyarakat. Kebutuhan yang semakin meningkat inilah yang harus ditanggapi dengan serius untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penyediaan daya listrik, dalam hal ini PLN mempunyai tugas penting untuk mencari solusi yang dapat memenuhi kebutuhan daya tersebut. Waduk Wadaslintang selain difungsikan untuk pemenuhan kebutuhan irigasi dan air baku juga dimanfaatkan untuk pembangkitan. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Wadaslintang bekerja dengan cara merubah energi potensial air dari waduk (reservoir) menjadi energi mekanik dengan bantuan turbin air dan dari energi mekanik diubah menjadi energi listrik dengan bantuan generator. PLTA termasuk jenis pembangkitan hidro, karena pembangkitan ini menggunakan air untuk dapat menghasilkan listrik.

Untuk mendapatkan fungsi turbin air bekerja secara maksimal dan efisien maka perlu adanya komponen lain, yaitu governor yang berfungsi menjaga kestabilan sistem secara keseluruhan terhadap adanya variasi beban atau gangguan pada sistem, kestabilan putaran pada turbin sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan frekuensi yang dihasilkan. Pada pembangkit listrik tenaga air, debit air yang memutar runner diatur melalui guide vane yang digerakkan oleh system servo motor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djiteng, M. (2005). Pembangkitan Energi Listrik. Jakarta: Erlangga.
Himran, S. (2017). Turbin Air. Yogyakarta: Andi.
Marsudi, D. (2016). Operasi Sistem Tenaga Listrik (3rd ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Patriandari. (2012). Analisis Pengoperasian Speed Drop Governor sebagai Pengatur Frekuensi pada Sistem Kelistrikan PLTU Gresik. 1-6.
Power, P. I. (1988). Operation and Maintenance Manual. Fuji Electric.
Sri Sadono, S. N. (2013). Identifikasi Sistem Governor Control Valve Dalam Menjaga Kestabilan Putaran Turbin Uap PLTP Wayang Windu Unit 1. 2, 83-90.
Supari Muslim, d. (2008). Teknik Pembangkit Tenaga Listrik Jilid 1. Jakarta: Depdiknas.
Syamsir, A. (2001). Teknik Tegangan Tinggi. Jakarta: Salemba Teknik.
Yudhistira Bondan Satriawisesa, D. C. (2013). Pengaturan Tegangan dan Frekuensi Generator Induksi Tiga Fasa Penguatan Sendiri Menggunakan Voltage Source Inverter dan Electronic Load Controller. 1, 1-6.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Masruhan, K., Pambudi, P. E., & Mujiman, M. (2019). ANALISIS SISTEM GOVERNOR DALAM MENJAGA KESTABILAN FREKUENSI PADA PT. INDONESIA POWER UP MRICA SUB UNIT PLTA WADASLINTANG. Jurnal Elektrikal, 6(1), 48–55. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2135

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>