PERENCANAAN JARINGAN DISTRIBUSI TEGANGAN RENDAH 3 PHASA 380 VOLT UNTUK MENANGGULANGI KEBUTUHAN DAYA LISTRIK DI DAERAH TERPENCIL

Authors

  • Kuirinus Fansisius Jago
  • Prastyono Eko Pambudi
  • Mujiman Mujiman

Keywords:

Perencanaan, JTM, JTR, Standar Kontruksi Listrik Perdesaan

Abstract

 Listrik merupakan sarana penunjang yang sangat dibutuhkan oleh penduduk untuk melakukan segala aktivitas kehidupan. Akan tetapi,masih terdapat beberapa daerah di Indonesia yang masih belum terjangkau aliran listrik,salah satunya adalah di Desa Wuliwalo,Kecamatan Mauponggo,Kabupaten Nagekeo,Flores,NTT.

Tujuan penelitian ini adalah membuat perencanaan jaringan distribusi listrik dari jaringan tegangan menengah (JTM) 20 kV sampai dengan jaringan tegangan rendah (JTR) 380V/220V untuk desa tersebut yang layak dari segi mekanis maupun elektris yang disesuaikan dengan kondisi alam dan topografi. Langkah-langkah yang dilakukan untuk merencanakan jaringan distribusi tenaga listrik adalah survey lokasi,penentuan rute jaringan distribusi,mendesain jaringan distribusi,mendesain instalasi rumah tangga,mendata jumlah kebutuhan material untuk pembangunan jaringan listrik. Dalam proses perencanaan ini mengacu pada standar konstruksi jaringan distribusi listrik yang digunakan PT PLN (Persero), standar PLN 87 tahun 1991 mengenai standar konstruksi listrik perdesaan.

Hasil dari perencanaan ini adalah rute jaringan listrik,detail perlengkapan yang dibutuhkan untuk pembangunan JTM sampai JTR. Desa Wuliwalo memiliki 92 calon pelanggan yang tersebar di tiga titik persebaran beban yang akan dilayani oleh 2465 meter JTM dan 1880 meter JTR dan sebuah trafo 50 kVA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djiteng Marsudi.,2006,”Operasi Sistem Tenaga Listrik”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Hadi, Abdul., 1986, “Sistem Distribusi Daya Listrik” Erlangga, Jakarta.
Harten ,P,Van dan E. Setiawan ,1991,”Instalasi Listrik Arus Kuat 1”, Bina Cipta, Bandung
Novi Muzaroh.,2010,”Perencanaan Jaringan Distribusi Tegangan Rendah 3 Phasa 380 Volt di Desa Atuka Distrik Mimika Timur Kab Mimika Papua”,Skripsi,UGM.
Suhadi, dkk., 2008, ”Teknik Distribusi Tenaga Listrik”, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta.
………….PT.PLN (Persero) No.606.K/DIR/2010: “Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Menengah Tenaga Listrik”, Jakarta Selatan.
………….PT.PLN (Persero) No.473.K/DIR/2010: “Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Rendah Tenaga Listrik”, Jakarta Selatan.
………….SPLN 74:1987, “Standar Listrik Perdesaan”, Departemen Pertambangan dan Energi, Jakarta
………….SPLN 87:1991, “Standard Konstruksi Listrik Perdesaan”, Departemen Pertambangan dan Energi Jakarta.
………….SNI No. 04-0225-2000: Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Jago, K. F., Pambudi, P. E., & Mujiman, M. (2019). PERENCANAAN JARINGAN DISTRIBUSI TEGANGAN RENDAH 3 PHASA 380 VOLT UNTUK MENANGGULANGI KEBUTUHAN DAYA LISTRIK DI DAERAH TERPENCIL. Jurnal Elektrikal, 2(1), 69–74. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2599

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>