ANALISIS PEMBEBANAN TERHADAP USIA PAKAI TRANSFORMATOR TENAGA DI GARDU INDUK 150 KV

Authors

  • Pujiono Pujiono
  • Prastyono Eko Pambudi
  • Mujiman Mujiman

Keywords:

transformator tenaga, pembebanan, suhu sekitar, susut umur

Abstract

INTISARI

Pembebanan transformator dan suhu sekitar berpengaruh terhadap temperatur minyaknya, semakin besar beban dan suhu sekitar maka semakin tinggi temperatur pada transformator tersebut. Penurunan kemampuan isolasi pada belitan transformator diakibatkan oleh pemanasan dari pembebanan dan suhu sekitar yang mengakibatkan menyusutnya usia pakai transformator.

Setelah melakukan analisis di Gardu Induk Purworejo pada bulan Februari 2016 transformator tenaga 60 MVA menunjukan susut umur 1.213 p.u/hari pada sistem pendingin ONAN dan 0.012 p.u/hari pada sistem pendingin ONAF. Sistem pendingin ONAN/ONAF memberikan keuntungan menjaga suhu transformator tetap rendah dan lebih hemat dalam pemakain energi listrik karena dalam menggerakan kipas dan pompa minyak tidak terus menerus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal. 2012. Pengaruh Suhu Dingin Terhadap Isolasi Minyak Transformator Pada Tegangan Tinggi. Skripsi. Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.
Asri, Rishal. 2013. Studi Optimasi Aliran Daya Saluran 20 kv pada PT. PLN (Persero) Area Yogyakarta Rayon Sedayu dengan Menggunakan etap 7.0.0. Skripsi. Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta.
Hutauruk, T.S. 1985. Transmisi Daya Listrik. Erlangga. Jakarta.
Kadir, Abdul. 2000. Transformator. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Lister, Eugene C. 1993. Mesin dan Rangkaian Listrik. Edisi Keenam. Erlangga. Jakarta.
Marsudi, Djiteng. 2006. Operasi Sistem Tenaga Listrik. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sumanto. 1991. Teori Transformator. Andi Offset. Yogyakarta.
Syafriyudin. 2011. “Perhitngan lama waktu pakai transformator jaringan distribusi 20 Kv di APJ Yogyakarta”. Jurnal Teknologi. IV(1): 88-95
----------------PT.PLN. 2010. Petunjuk Operasi dan Pemeliharaan Transformator Tenaga. Perusahaan Umum Listrik Negara Pusat. Jakarta.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Pujiono, P., Pambudi, P. E., & Mujiman, M. (2019). ANALISIS PEMBEBANAN TERHADAP USIA PAKAI TRANSFORMATOR TENAGA DI GARDU INDUK 150 KV. Jurnal Elektrikal, 3(1), 11–20. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2477

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>