ANALISIS PANEL AUTOMATIS TRANSFER SWITCH UNTUK BACK UP DAYA LISTRIK RUMAH TANGGA 250 WATT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SOLAR CELL

Authors

  • Kandariswanto Kandariswanto
  • Prastyono Eko Pambudi
  • Syafriyudin Syafriyudin

Keywords:

Automatic Transfer Switch, tegangan, Frekuensi, Genset

Abstract

Kontiunitas Penyaluran energi listrik dari pusat pembangkit sampai ke konsumen tidak bisa dijamin tersedia setiap saat. Hal ini disebabkan adanya kemungkinan gangguan yang terjadi pada pusat pembangkit, saluran transmisi maupun saluran distribusi. Sehingga untuk konsumen yang membutuhkan jaminan ketersediaan energi listrik setiap saat, dibutuhkan suplai cadangan (genset) yang mempunyai kapasitas yang cukup untuk menanggung semua beban di tempat tersebut apabila suplai dari jaringan listrik terputus. Penelitian ini menghasilkan Automatic Transfer Switch (ATS) yang mampu mengakuisisi data berupa tegangan dengan galat rata-rata sebesar 3,624 & Frekuensi dengan galat rata-rata sebesar 0,407. ATS akan memerintahkan Genset untuk starting ketika suplai utama (PLN) terputus atau mengalami gangguan yang dapat diamati dari nilai Tegangan maupun Frekuensi yang tidak memenuhi standard yang ditetapkan oleh PLN dan suplai beban diambil alih oleh Genset. Dan ketika suplai utama (PLN) kembali normal maka suplai beban kembali diambil alih oleh PLN. Dari hasil uji coba didapatkan bahwa terdapat jeda waktu antara Suplai PLN terputus sampai Genset menyala dan siap dibebani yaitu sebesar 15 detik. Dan didapatkan jeda waktu antara suplai PLN kembali normal sampai Suplai Genset diputus dan suplai beban kembali diambil alih PLN yaitu sebesar 10 detik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bill Brown, P.E, Jay guidits, Critical – Power Automatic Transfer System Design ........and Application, 2006
Sudiharto,Indhana dkk. 2011. Rancang Bangun Sistem Automatic Transfer Switch (ATS) dan Automatic Main Failure (AMF) PLN - Genset Berbasis Plc Dilengkapi Dengan Monitoring, Jurnal Jurusan Teknik Elektro Industri PENS-ITS, Surabaya.
Suhana Neno. 2002. Rangkaian control Panel Genset, Bandung : ITB
Thomas E. Kissell, Modern Industrial/Electrical Motor Controls : Operation, .........Installation, and Troubleshooting, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New ....... .Jersey 1990.
Thomas Sulasno. 2006. Sistem Kontrol.Yogyakarta : Graha Ilmu
http://blog.dimensidata.com/pengertian-inverter-fungsi-inverter-dan-cara-kerja-inverter/ (di akses pada tangggal 16 maret 2018 )
https://janaloka.com/solar-pv-hybrid-di-indonesia/
(di akses pada tanggal 20 maret 2018)
https://www.kelistrikanku.com/2016/02/timer-delay-relay.html
(di akses pada tanggal 20 maret 2018)

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Kandariswanto, K., Pambudi, P. E., & Syafriyudin, S. (2019). ANALISIS PANEL AUTOMATIS TRANSFER SWITCH UNTUK BACK UP DAYA LISTRIK RUMAH TANGGA 250 WATT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SOLAR CELL. Jurnal Elektrikal, 6(1), 35–40. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2133

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>