ANALISIS KEANDALAN BATERAI SEBAGAI SUPPLY MOTOR DC PENGGERAK PMS DI GARDU INDUK 150 KV KENTUNGAN

Authors

  • Alfianta Ramadhan
  • Mujiman Mujiman
  • Subandi Subandi

Keywords:

Sumber DC, Baterai, Keandalan

Abstract

Arus listrik searah (DC) memiliki peran penting dalam suplai peralatan di Gardu Induk, salah satunya sebagai suplai motor DC penggerak PMS. Untuk menjaga tersedianya sumber DC, maka harus ada catu daya arus DC cadangan pada sistem tanpa terputus oleh karena itu digunakan baterai sebagai catu daya DC digunakan untuk menjaga stabilitas peralatan pada Gardu Induk agar tetap berfungsi walau dalam keadaan sedang ada gangguan. Baterai di Gardu Induk memiliki dua jenis baterai yang berbeda outputnya yaitu baterai 110 volt DC diunakan sebagai suplai motor penggerak PMS, proteksi dan dengan output 48 volt DC digunakan sebagai suplai peralatan telekomunikasi.

Dalam penelitian ini akan menganalisa keandalan baterai 110volt DC di Gardu Induk 150 KV Kentungan mengunakan metode hipotesis komparasi dengan membandinkan dengan yang sebenernya. Berdasarkan analisa baterai 110 vlt unit 1 pada Gardu Induk 150 KV Kentungan dikatakan andal karena menurut data pengukuran dan dari data perhitungan hampir sama hanya menunjukkan selisih sangat sedikit, selisih ini diakibatkan kerusakan alat dan tidak tepatnya waktu saat pengukuran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslimeri, Ganefri, & Hamdi, Z. (2008). Teknik Transmisi Tenaga Listrik: Direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan.
Agned, R.,& Nurhalim. (2016). Studi Kapasitas Baterai 110 Vdc Pada Gardu Induk 150 KV Bangkinang. Tugas Akhir, 1-9.
I Nuroho, Ir, Tedjo Sukamdi, MT. (2012). Baterai Sebagai Suplai Tegangan DC Pada Gardu Induk150 KV Kalisari. Tguas Akhir, 1-7.
Mukhlas Alfajar. (2016). Analisa Hubungan Hasil Pengujian Kapasitas Baterai Saat Pengosongan Baterai Suplai DC Gardu Induk Dengan Masa Umur Baterai. Tugas Akhir, 1-12.
Purajati Rendra, T. Haryono, M. Isnaeni B.S. (2010). Analisis Kondisi Baterai Alkali 110 Vdc PLTA PBS. Tugas Akhir, 1-6.
Nugroho (2012). Baterai Sebagai Suplai Tegangan DC Pada Gardu Induk 150 KV Kaliari. Makalah Seminar Kerja Praktek, 1-7.
Tim Maintenance. (2014). Buku Pedoman Pemeliharaan Sistem Suplai AC / DC. Jakarta: PT. PLN (PERSERO).

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Ramadhan, A., Mujiman, M., & Subandi, S. (2019). ANALISIS KEANDALAN BATERAI SEBAGAI SUPPLY MOTOR DC PENGGERAK PMS DI GARDU INDUK 150 KV KENTUNGAN. Jurnal Elektrikal, 5(2), 39–46. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2611

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>