IMPLEMENTASI SENSOR ACCELEROMETER MMA7361 SEBAGAI PENDETEKSI KECELAKAAN MOBIL BERBASIS SISTEM INFORMASI KECELAKAAN

Authors

  • Keke Aziz Al Amien
  • Beny Firman
  • Samuel Kristiyana

Keywords:

Kecelakaan Mobil, gravitasi, accelerometer, GPS, SMS Gateway

Abstract

Transportasi adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari manusia salah satunya adalah mobil. Seiring berjalannya waktu jumlah kendaraan mobil di Indonesia mengalami kenaikan sehingga menimbulkan berkembangnya jasa agen perjalanan. Selain menimbulkan berkembangnya usaha agen perjalanan, meningkatnya jumlah kendaraan juga  menyebabkan angka kecelakaan pun semakin meningkat dan menimbulkan korban jiwa. Salah satu hal yang menyebabkan banyaknya korban jiwa adalah terlambatnya pertolongan pada korban kecelakaan ini yang diakibatkan karena tidak adanya alat yang memberikan informasi terjadi kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah alat yang mampu mendeteksi sebuah kecelakaan berdasarkan perubahan nilai gravitasi dan perubahan nilai sudut yang didapatkan dari sensor Accelerometer dan mampu menyampaikan informasi ketika terjadi kecelakaan. Informasi yang disampaikan berupa lokasi kejadian kecelakaan berdasarkan titik koordinat latitude dan longitude yang didapatkan dari GPS. Setelah lokasi kecelakaan ini diketahui maka informasi tersebut akan dikirimkan melalui sistem SMS Gateway yang ditujukan kepada penerima yaitu agen perjalanan yang bersangkutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adil, R., t.thn. Sistem Informasi Via SMS Gateway Antara Pihak Kepolisian Dengan Pengemudi. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).
Chua, C. S., 2004. Impact Measurement Using Accelerometers. 3rd penyunt. Singapore: Freescale Semiconductor.
Clifford, M. & Gomez, L., 2005. Measuring Tilt with Low-g Accelerometers. s.l.:Freescale Semiconductor.
Fathurrahman, N., Hendriawan, A. & Wasista, S., t.thn. Rancang Bangun Smart Vehicle untuk Mendeteksi Dini Kecelakaan dan Keadaan Darurat. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).
Heriantovie, 2013. Sistem Keamanan Airbag Menggunakan ATMEGA16 dan Accelerometer MMA7361. Yogyakarta: IST AKPRIND Yogyakarta.
Kendall, J. & Solomon, K. A., 2014. AIR BAG DEPLOYMENT CRITERIA. s.l.:Institute of Risk & Safety Analyses.
S, A. H., t.thn. Sistem Notifikasi Kecelakaan pada Sepeda Motor Berbasis Arduino. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Sane, N. H., Patil, D. S., Rokade, A. V. & Tharake, S. D., t.thn. Real TIme Vehicle Accident Detection and Tracking Using GPS and GSM. s.l.:International Journal on Recent and Innovation Trends in Computing and Communication.
Semiconductor, F., 2008. Datasheet MMA7361 ±1.5g, ±6g Three Axis Low-g Micromachined Accelerometer. s.l.:s.n.
Solutions, S. S. W., 2013. SIM800 Series ATCommand Manual V1.01. s.l.:s.n.
Solutions, S. S. W., 2015. SIM800 Hardware Design V1.08. s.l.:s.n.
U-Blox, t.thn. Datasheet NEO-6 u-blox 6 GPS Modules. s.l.:s.n.
Indonesia, D., 2009. UU Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum. Jakarta: s.n.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Al Amien, K. A., Firman, B., & Kristiyana, S. (2019). IMPLEMENTASI SENSOR ACCELEROMETER MMA7361 SEBAGAI PENDETEKSI KECELAKAAN MOBIL BERBASIS SISTEM INFORMASI KECELAKAAN. Jurnal Elektrikal, 5(2), 7–16. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2606

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>