RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI DRIVER MOTOR DC MAGNET PERMANEN DENGAN METODE PWM SEBAGAI PENGGERAK MOBIL LISTRIK BERBASIS OP-AMP
Keywords:
Motor DC, Op-Amp, PWM, duty of cycleAbstract
Perkembangan teknologi kendaraan listrik sekarang ini semakin cepat berkembang. Banyak hal menyebabkan para ahli untuk terus melakukan riset atau penelitian kendaraan berbasis tenaga listrik. Hal ini berdasar karena keterbatasan bahan bakar fosil yang semakin berkurang. Pada penelitian ini dibuat sebuah modul sistem kendali driver motor DC magnet permanen dengan metode PWM (Pulse Width Modulation) sebagai penggerak mobil listrik ramah lingkungan berbasis op-amp. Untuk menghasilkan sinyal PWM, op-amp di memanfaatkan sebagai comparator tegangan referensi dengan tegangan gelombang segitiga. Untuk mengatur kecepatan motor DC dilakukan dengan cara mengubah-ubah besarnya duty of cycle pulsa dengan amplitudo dan frekuensi pulsa tetap, sedangkan besarnya duty of cycle berubah-ubah sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Semakin besar duty of cycle maka semakin cepat pula kecepatan motor, dan sebaliknya semakin kecil duty of cycle maka semakin pelan pula kecepatan motor. Hasil perancangan dan penelitian menunjukkan bahwa keluaran amplitudo PWM sebesar 3,2 volt, dengan tegangan referensi 2,3 volt sampai 8,4 volt. Tegangan maksimum driver motor sebesar 65,9 volt dengan putaran motor 578,81 RPM. Maksimum jarak tempuh mobil listrik dalam waktu satu jam 14,26 km dengan kapasitas pemakaian baterai 3,8 jam.
Downloads
References
[2] Zuhal. 2004 “Prinsip Dasar Elektroteknik” PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
[3] Lister. 1993, "Mesin dan Rangkaian Listrik”, edisi keenam, Erlangga, Jakarta
[4] Malvino, A.P. 1987 “Prinsip-Prinsip Elektronika” edisi ketiga, jilid 1 dan jilid 2, Penerbit Erlangga,
[5] Wihartono, 2007. Fisika Dasar Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.