STUDI TENTANG SISTEM KERJA PARALEL GENERATOR SINKRON 471 MVA PADA PLTU UBP SURALAYA, SERANG, BANTEN

Authors

  • Catur Teguh Wibowo Aji
  • Muhammad Suyanto
  • Subandi Subandi

Keywords:

Kurva kapabilitas, Sistem Eksitasi, Syarat paralel

Abstract

Dalam menunjang akan ketersediaannya pasokan energi listrik guna memenuhi kebutuhan akan energi listrik masyarakat baik untuk rumah tangga maupun industri, Mesin induksi membutuhkan suplai daya reaktif baik pada saat beroprasi sebagai motor maupun sebagai generator. Keterbatasan ini mampu diatasi dengan cara memparalelkan generator. Secara umum, operasi parallel generator sangat baik untuk mengatasi kebutuhan listrik atau beban yang terus meningkat. Operasi parallel generator dirasa lebih menguntungkan bagi kelangsungan pembangkit tenaga listrik dan keluaran yang dihasilkan. Bila suatu generator mendapatkan pembebanan yang melebihi  kapasitasnya, maka dapat mengakibatkan generator tesebut tidak bekerja atau bahkan akan mengalami kerusakan. Untuk mengatasi kebutuhan listrik atau beban yang terus meningkat tersebut, bisa diatasi dengan menjalankan generator lain yang kemudian dioperasikan secara parallel dengan generator yang telah bekerja sebelumnya, pada satu jaringan listrik yang sama, Generator yang digunakan pada UBP PLTU Suralaya adalah generator sinkron Sebuah generator dapat dihubungkan ke dalam sistem maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya : Tegangan Terminal Harus Sama, Frekuensi Harus Sama, dan Urutan fasanya Harus Sama.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gawande, S.P.,& Porate, K. B. (2009). Review of Parallel operation of Synchronous Generator and Induction Generator for stability. Second international conference on Emerging Trends in Engineering and Technology, ICETET-09.
J.P Holman, 1985, Metoda Pengukuran Teknik, Edisi 4, Jakarta.
PLN, Volume TD5, Protection&Metering Turbine Control Systems, Suralaya, Banten.
PLN, Volume TD3, Brunshless Excitation System For Steam-Turbine Generators, Suralaya, Banten.
PUIL, 2000, Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000, Edisi 4, Jakarta.
Sugiyantoro,B., 1999, Hand Out Generator Sinkron, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Tiyono, 1999, Mesin Listrik I: Prinsip Generator, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Tiyono, 1999, Mesin Listrik I: Generator parallel, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
William D.Stevenson, 1984, Analisis ZSistem Jaringan Listrik, Edisi 4, Jakarta Pusat.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Wibowo Aji, C. T., Suyanto, M., & Subandi, S. (2019). STUDI TENTANG SISTEM KERJA PARALEL GENERATOR SINKRON 471 MVA PADA PLTU UBP SURALAYA, SERANG, BANTEN. Jurnal Elektrikal, 1(2), 33–43. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2589

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>