PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR TIGA FASA DENGAN VSD SERTA IMPLEMENTASI TRANSMITTER SWITCH SEBAGAI SAKLAR ON/OFF JARAK JAUH MENGGUNAKAN MEDIA KONTROL PLC MODICON M221

Authors

  • Arief Richie Wijaya
  • Subandi Subandi
  • Muhammad Suyanto

Keywords:

Kendali, PLC, Transmitter Switch, Motor Listrik

Abstract

Pada era globalisasi ini kita bisa melihat perkembangan suatu sistem kendali. Slah satunya adalah sistem kendali pemgatur kecepatan putaran motor. Saat ini penggunaan kontrol dalam pengendalian motor sudah dapat dikendalikan dengan berbagai cara. Salah satunya dari sistem kendali tersebut adalah PLC, yang saat ini sedang berkembang dalam pengendalian pada dunia industri. Sehingga memudahkan dalam mengontrol atau mengendalikannya. Maka dari itu pada perancangan ini berrtujuan untuk mengendalikan kecepatan putar motor tiga fasa dengan PLC Modicon M221 dimana Transmitter Switch sebagai saklar on/off motor melalui beberapa tahapan kecepatan yaitu Step 1, Step 2, Step 3, dan Step 4. Dimana pada setiap Stepnya mengalami pertambahan frekuensi sekitar 5 Hz. Selanjutnya dapat kita ketahui juga bahwa semakin tinggi frekuensi dan tegangan yang masuk maka semakin cepat pula putaran motornya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhson Nur Hidayat, 2007.”Pengendalian Motor Induksi Cycloconverter”. ISTA Yogyakarta.
Arief Richie Wijaya, 2016.”Modul Trainer Kontrol Dasar PLC”. ISTA Yogyakarta.
Aryan Risfan, 2016.” Modul Trainer Kecepatan Motor Menggunakan PLC”. ISTA Yogyakarta.
Budiyanto, M., Wijaya, A. 2003. Pengenalan Dasar-dasar PLC disertai Aplikasinya. Penerbit Gaya Media: Yogyakarta.
Eko Putra, Agfianto. 2004. PLC Konsep, Pemrograman dan Aplikasi (Omron CPM1A/CPM2A dan ZEN Programmable Relay). Penerbit Gaya Media: Yogyakarta.
Eko Wijayanto,2011.” Pengaturan Kecepatan Motor Listrik DC Dengan Remote Control dan Berpenampil Digital”. ISTA Akprind Yogyakarta.
Ratnanto Fitriadi, A. K. 2014. MODUL SISTEM KONTROL INDUSTRI MENGGUNAKAN PLC. Seminar Nasional IENACO - 2014 , 272-280.
Riki Lagombi,2009.” Pengendali Motor Listrik 1 Fasa Menggunakan Remote Control Dengan Sistem Cycloconverter”. ISTA Yogyakarta.
Sugiyono. 2012. Pemisah Produk Cacat Menggunakan PLC Schneider Twido TWD20DTK. Jurnal Teknik Elektro Terapan, Vol 1 No.1.
Sumanto. 1989. MOTOR ARUS BOLAK-BALIK (MOTOR AC). Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Wijaya, A. R., Subandi, S., & Suyanto, M. (2019). PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR TIGA FASA DENGAN VSD SERTA IMPLEMENTASI TRANSMITTER SWITCH SEBAGAI SAKLAR ON/OFF JARAK JAUH MENGGUNAKAN MEDIA KONTROL PLC MODICON M221. Jurnal Elektrikal, 4(2), 80–86. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2552

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>