Perancangan Monitoring Sinyal EKG (Elektrokardiografi) Jantung Menggunakan Mikrokontroler Berbasis Android Sebagai Penampil Sinyal Dengan Memanfaatkan Komunikasi Bluetooth

Authors

  • Alfiansyah Alfiansyah
  • Muhammad Andang Novianta
  • Subandi Subandi

Keywords:

Jantung, EKG (Elektrokardiografi), Mikrokontroler Arduino, Android, Bluetooth

Abstract

Aktifitas jantung menghasilkan sinyal biopotensial yang disebut EKG (Elektrokardiografi). Memonitor sinyal EKG jantung dilakukan dengan pengukuran pada titik-titik permukaan tubuh menggunakan metode segitiga Einthoven. Sistem membaca data dari sensor elektroda yang ditempelkan pada tubuh dan diterima oleh mikrokontroler. Menggunakan bluetooth, data dikirim ke Android untuk menampilkan sinyal EKG secara real-time.

Setelah proses pengujian, disimpulkan monitoring EKG menggunakan mikrokontroler berbasis Android berfungsi dengan baik dimana sinyal tertampil sudah memiliki ciri jantung normal yaitu gelombang P, Q, R, S dan T. Aplikasi HeartDroid bekerja dengan baik menerima data sinyal EKG dari mikrokontroler menggunakan bluetooth ke handphone berbasis Android sebagai penampil sinyal EKG dan BPM ritme jantung, sedangkan data tertampil pada alat kontrol terdiri dari BPM, indikasi kondisi jantung, dan indikator kondisi jantung menggunakan led dimana warna hijau kondisi baik, kuning kondisi cukup, dan merah kondisi buruk.

Berdasarkan hasil pengukuran BPM pasien menggunakan alat pembanding, didapatkan nilai selisih rata-rata 5 BPM tidak jauh berbeda dengan nilai pembanding dengan presentase error 0.10%. Error selisih dapat disebabkan faktor akumulasi seperti error catu daya 0.02%, ADC 0.01%, filter HPF 3%, dan error toleransi komponen sehingga mempengaruhi hasil pengamatan sinyal EKG dan pembacaan BPM (Beat Per Minute) jantung. Diperoleh standar deviasi error sebesar 7,85% dan error rata-rata sebesar 10,70%. Nilai presisi didapatkan sebesar 92,15% dan tingkat akurasi data sebesar 89,30%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bejo, Agus. 2008. C & AVR Rahasia Kemudahan Bahasa C dalam Mikrokontroller ATMega 8535. Yogyakarta : Graha Ilmu
Afriansyah. 2012. Pengukur Kadar pH Air Berbasis Mikrokontroler ATMega 8, Laporan Tugas Akhir, PDTE-UGM, Yogyakarta.
Hindasyah, Achmad. 2009. Rancang Bangun Sistem Instrumentasi Elektrokardiogram Dan Aktifitas Gerak Secara Wireless, Tesis, Universitas Indonesia.
Widodo, Arif. 2010. Sistem Akuisisi ECG Menggunakan USB Untuk Deteksi Aritmia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Somawirata, I Komang. 2009. Pengembangan Electro Cardiograph (ECG) yang Terintegrasi Dengan Personal Komputer, Prosiding SENTIA 2009 – Politeknik Negeri Malang.
Lutfi, Fuad. 2012. Klasifikasi Sinyal Elektrokardiografi Menggunakan Wavelet Transform Dan Neural Network, SITIA 2012, No.136, ISSN: 2252-829, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Alfiansyah, A., Novianta, M. A., & Subandi, S. (2019). Perancangan Monitoring Sinyal EKG (Elektrokardiografi) Jantung Menggunakan Mikrokontroler Berbasis Android Sebagai Penampil Sinyal Dengan Memanfaatkan Komunikasi Bluetooth. Jurnal Elektrikal, 4(2), 54–63. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2549

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>