SISTEM DETEKSI DINI ANGIN PUTING BELIUNG BERDASARKAN PERUBAHAN KECEPATAN DAN ARAH ANGIN BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN INFORMASI SMS GATEWAY

Authors

  • Riska Murdyaningrum
  • Muhammad Andang Novianta
  • Sigit Priyambodo

Keywords:

Puting Beliung, Sistem Deteksi, SMS Gateway

Abstract

INTISARI

Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan 60-90 km/jam berlangsung selama 5-30 menit yang terjadi akibat adanya perbedaan tekanan dibawah atau disekitar awan Cumulonimbus (Cb). Sistem deteksi peringatan angin puting beliung berdasarkan perubahan kecepatan dan arah angin yang hasilnya akan ditransmisikan melalui layanan SMS Gateway. Perancangan ini menggunakan fungsi magnet dan switch sebagai pengukur kecepatan angin, sedangkan untuk arah angin digunakan Kompas HMC5883L. Wavecom M1306B digunakan sebagai media SMS Gateway dan menggunakan  Serial Konverter I2C sebagai komunikasi antara arduino dengan modem. Pengujian perbandingan besar kecepatan angin yang dibandingkan dengan alat yang ada pada taman alat BMKG didapat selisih kecepatan sebesar 0,0073. Ketika kecepatan angin mencapai 20 km/h modem akan mengirimkan pesan berlevel “SIAGA” ke nomor yang telah diset pada modem. Jika kecepatan angin mencapai 30 km/h level menjadi “WASPADA” dan jika kecepatan angin 40 km/h level menjadi “AWAS”. Untuk pengukuran kecepatan dan arah angin sebaiknya dilakukan pada lokasi terbuka yaitu jauh dari gedung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hadisantono RD dan Bronto S., 1994, “Sistem Peringatan Dini Bahaya Letusan Gunungapi”, Seminar Nasional Mitigasi Bencana alam, UGM Yogyakarta.
[2] Kambhampaty, V., Gali, R., & Prasad, N., 2014, A Short Term Tornado Prediction Model Using Satellite Imagery, In Proceedings of the 2014 First International Conference on Systems Informatics, Modelling and Simulation (mikrokontroler pp. 132-138), IEEE Computer Society.
[3] Lakitan, Benyamin. 2002. Dasar dasar Klimatologi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Murdyaningrum, R., Novianta, M. A., & Priyambodo, S. (2019). SISTEM DETEKSI DINI ANGIN PUTING BELIUNG BERDASARKAN PERUBAHAN KECEPATAN DAN ARAH ANGIN BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN INFORMASI SMS GATEWAY. Jurnal Elektrikal, 3(1), 37–44. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2479

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>