PENGUKUR KECEPATAN KENDARAAN DI KAWASAN PEMUKIMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA IMAGE SUBTRACTING BERBASIS OPENCV

Authors

  • Muhammad Kusuma Alfi Fauzi
  • Beny Firman
  • Muhammad Andang Novianta

Keywords:

kecepatan, kendaraan, lalu-lintas, pengolahan citra, opencv

Abstract

Mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi memiliki potensi kecelakaan yang lebih besar. Selain harus memiliki konsentrasi yang tinggi juga harus memiliki respon yang tinggi pula. Alat pengukur kecepatan kendaraan diperlukan untuk mengurangi angka kecelakaan serta meningkatkan budaya tertib berlalu-lintas. Pengukur Kecepatan Kendaraan Di Kawasan Pemukiman Menggunakan Algoritma Image Subtracting Berbasis OpenCV pada penelitian ini akan mengukur kecepatan kendaraan yang melewati kamera secara 2 arah, metode deteksi yang digunakan adalah dengan metode image subtracting, sementara untuk melakukan tracking objek dengan cara membandingkan lokasi saat ini dengan lokasi prediksi yang dihitung dari 1 sampai dengan 5 frame sebelumnnya. Pengujian dilakukan dengan melakukan analisis pada bagian deteksi, tracking, dan penghitung kecepatan. Dari hasil pengujian kecepatan nilai error terbesar pada kecepatan 10 Km/Jam sebesar 14,34% sementara paling kecil berada pada kecepatan 50 Km/Jam dengan prosentase error sebesar 1,62%. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat spesifikasi hardware..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahya, K. D. (2015, Agustus 12). Kompas.com. Retrieved Juni 13, 2017, from http://megapolitan.kompas.com/read/2015/08/12/12451781/Polisi.Batas.Kecepataan.Kendaraan.Diatur.UU.Lalu.Lintas
Munir, R. (2004). Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung: Informatika.
Sadewo, S. S. (2015). Sistem Pengukur Kecepatan Kendaraan Berbasis Pengolahan Video. IJEIS, 5, 177.
Sahabudin, Wartatmo, H., & Kuschitawati, S. (2011, Juni). Berita Kedokteran Masyarakat. Pengendara sebagai Faktor Resiko Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas Sepeda Motor Tahun 2010, p. 94.
Setianingrum, I. (2011). Alat Pendeteksi Kecepatan Kendaraan Bermotor Menggunakan Mikrokontroller dan Webcam Berbasis Personal Computer. Jurnal Informatika, 11, 28.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Fauzi, M. K. A., Firman, B., & Novianta, M. A. (2019). PENGUKUR KECEPATAN KENDARAAN DI KAWASAN PEMUKIMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA IMAGE SUBTRACTING BERBASIS OPENCV. Jurnal Elektrikal, 4(2), 38–45. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2547

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>