ANALISA KOORDINASI PROTEKSI RECLOSER DENGAN RELAY ARUS LEBIH (OCR) MENGGUNAKAN ETAP 7.0.0 DI JARINGAN SUTM 20 KV PT PLN (PERSERO) APJ YOGYAKARTA

Authors

  • Hamdan Nurona
  • Prastyono Eko Pambudi
  • Syafriyudin Syafriyudin

Keywords:

Sistem proteksi, OCR, Recloser, Koordinasi, Gangguan, Feeder Bantul 12

Abstract

Tiap – tiap gangguan yang terjadi memiliki sifat – sifat gangguan yang berbeda dimana gangguan tersebut ada yang sifatnya sementara (kontemporer) dan ada yang sifatnya lama (permanent), dan apabila gangguan ini tidak segera diatasi maka akan merusak sistem pada jaringan distribusi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pengaman yang tepat sesuai dengan jenis gangguan yang terjadi dan sesuai dengan fungsi dari pengaman tersebut agar dapat mengatasi tiap gangguan yang terjadi dengan baik, efisien dan handal.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode matematis dan simulasi.

Hasil penelitian ini menggambarkan tentang bagaiamana koordinasi penyulang bantul 12 terhadap gangguan yang terjadi.berdasarakan hasil setting dn simulasi didapatkan waktu kerja PMT adalah 0,453 dengan besar arus gangguan 11.851 A, waktu kerja Recloser 1 adalah 0,213 dengan arus gangguan 2462 A sedangkan untuk waktu kerja Recloser 2 adalah 0,196 dengan arus gangguan 1760 A.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Nugroho, “ Analisa Koordinasi OCR – Recloser Penyulang Kaliwungu 03” Universitas Diponegoro Semarang.
Badarudin, 2013, “ Recloser sebagai Pengaman Jaringan Tegangan 20 kV ”, Laporan Praktek Kerja Lapangan Politeknik Negeri Medan.
Hariyanto, Puji D, 2009, “ Analisis Koordinasi Over Current Relay dan Recloser Di sistem Proteksi Feeder Gardu Induk Semen Nusantara (SNT2) Cilacap” Jurnal UNES.
Ma’sum, Qomarudin M, 2007, “ Analisa Kerja Recloser Tipe VWVE Merk COOPER di Wilayah PT (Persero) PLN APJ Surakarta” Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Murdianto, Dhanang W, 2006, “ Sistem Koordinasi Peralatan Proteksi Arus Lebih Jaringan 20 KV di PT. PLN (persero) Cabang Yogyakarta “Skrispsi ,IST Akprind Yogyakarta.
Nugroho, Adi , 2009 “ Analisis Koordinasi Recloser dan Relay Arus Lebih Pada Penyulang BY 1-GI Mojosongo” Skripsi Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Sanana, Femy , 2013, “ Koordinasi Proteksi Rele Arus lebih Pada Perencanaan Jaringan Distribusi Spindel Di GI Ciawi Trafo 1 Bogor” Skripsi Universitas Indonesia.
Sitorus, Jumri, 2006, “ Analisis Pemutus Balik Otomatis Sebagai Pengaman Arus Listrik Pada Jaringan Distribusi APJ Yogyakarta “, Skripsi. IST Akprind yogyakarta.
Widya B., Krisunday , 2013, “ Analisis terjadinya mulfuntion antara recloser dengan PMT Outgoing 20 KV PT PLN APJ Surakarta “Skrispsi ,IST Akprind Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Nurona, H., Pambudi, P. E., & Syafriyudin, S. (2019). ANALISA KOORDINASI PROTEKSI RECLOSER DENGAN RELAY ARUS LEBIH (OCR) MENGGUNAKAN ETAP 7.0.0 DI JARINGAN SUTM 20 KV PT PLN (PERSERO) APJ YOGYAKARTA. Jurnal Elektrikal, 1(1), 47–57. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal/article/view/2582

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>