PEDOMAN PENULISAN NASKAH

Lingkup Jurnal : Jurnal Script adalah jurnal ilmiah khusus mahasiswa yang diterbitkan oleh Jurusan Informatika Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta sebagai wahana publikasi karya ilmiah/penelitian di bidang soft computing dan information sistem.

Bahasa : Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baku.

Susunan Naskah : Susunan naskah memuat judul, abstract, intisari, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka dan ditulis tanpa menggunakan nomor sub judul. Judul artikel dalam berkala ilmiah haruslah spesifik dan efektif. Keefektifannya antara lain diukur dari kelugasan penulisannya (yang tidak boleh lebih dari 14 kata dalam tulisan berbahasa Indonesia, atau 10 kata bahasa Inggris, atau 90 ketuk pada papan kunci),dibawah judul ditulis identitas penulis yang meliputi nama -nama penulis (yang harus tanpa gelar akademis atau indikasi jabatan dan kepangkatan) dan alamat lembaga tempat kegiatan penelitian dilakukan, serta penunjukan alamat korespondensi (alamat instansi dan email)

ABSTRACT : ditulis dalam bahasa Inggris dan ditulis italic, dilengkapi dengan INTISARI berbahasa Indonesia yang memuat permasalahan, metodologi dan hasil. Abstract/Intisari memuat maksimal 250 kata dan dilengkapi dengan keywords/kata kunci) sebanyak 3-5 kata yang dituliskan dibawahnya.

PENDAHULUAN : berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, metodologi (jika ada) serta tinjauan pustaka yang memuat kajian pustaka dan landasan teori yang relevan, tanpa menggunakan sub judul. Sumber keterangan ditunjuk dengan menuliskan di dalam kurung: nama akhir penulis dan tahun penerbitan.

METODE PENELITIAN : memberikan gambaran rancangan penelitian prosedur dan langkah-langkah yang harus ditempuh, sumber data, dan dengan langkah apa data-data tersebut diperoleh dan selanjutnya diolah dan dianalisis.

HASIL DAN PEMBAHASAN : merupakan bagian utama artikel. Pada hasil dapat disajikan dengan tabel atau grafik, untuk memperjelas hasil secara verbal. Sedangkan pada pembahasan merupakan bagian terpenting dari keseluruhan isi artikel ilmiah. Tujuan pembahasan adalah: Menjawab masalah penelitian, menafsirkan temuan-temuan, mengintegrasikan temuan dari penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah ada dan menyusun teori baru atau memodifikasi teori yang sudah ada

KESIMPULAN : berisi pernyataan singkat tentang hasil yang disarikan dari pembahasan. Saran dapat dituliskan pada bagian paling akhir.

DAFTAR PUSTAKA disusun:

  1. Menggunakan salah satu tool reference (aplikasi referensi), seperti Mendeley, Refworks, atau Citation & Bibliography (Ms. Word)
  2. Mengacu pada Model Sitasi “Harvard”
  3. Mensitasi minimal 1 jurnal dari terbitan Jurtek
  4. Mensitasi jurnal–jurnal sebidang terbitan maksimal 10 tahun terakhir

>>> Teknik Penulisan <<<

Artikel jurnal harus ditulis pada kertas berukuran A4 dan dengan format margin kiri 2,5 cm, margin kanan 2,5 cm, margin bawah 2,5 cm dan margin atas 3 cm, serta harus diketik dengan jenis huruf Arial dengan font 10 pt, satu spasi dan dalam format satu kolom. Setiap makalah terdiri dari 8-10 halaman termasuk gambar dan tabel. Untuk gambar atau grafik yang berwarna, warna tetap dipertahankan. Sub judul ditulis dengan huruf tebal dan disusun rata kiri tanpa nomor dan garis bawah. Gambar diletakkan di dalam badan teks dan diberi keterangan Gambar dan nomor diikuti dengan judul gambar yang diletakkan di bawah gambar. Hal yang sama berlaku untuk tabel kecuali judul yang diletakkan pada di atas tabel. Gambar dan tabel diletakkan rata tengah serta pastikan dapat tercetak dengan jelas. Gambar ditampilkan dalam format images (JPEG, GIF, BMP, TIFF).

PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN, PEMBAHASAN, KESIMPULAN dan DAFTAR PUSTAKA (semua daftar pustaka harus diacu dalam naskah dibuat dengan 1 kolom dengan jarak antar kolom 1 cm.


>>> Pengiriman Naskah <<<

Naskah dikirim ke Redaksi dalam bentuk softcopy (dianjurkan diketik dengan MS Word) dan di submit langsung melalui OJS.

Redaksi berhak menolak naskah yang tidak memenuhi kriteria/persyaratan teknis, mengadakan perubahan susunan naskah, memperbaiki bahasa dan berkonsultasi dengan penulis sebelum naskah dimuat.