Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Menggunakan Metode Weighted Product (WP) Dan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Website (Studi Kasus Universitas Akprind Indonesia

Authors

  • Afifah Dzuriatun Khasanah Universitas AKPRIND Indonesia
  • Erma Susanti Universitas AKPRIND Indonesia
  • Amir Hamzah Universitas AKPRIND Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v12i1.4803

Keywords:

SAW, WP, SPK, Universitas AKPRIND

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem informasi yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. SPK didesain untuk memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang kompleks dengan menyediakan informasi yang terstruktur dan relevan. SPK biasanya digunakan dalam berbagai bidang seperti pariwisata, ekonomi, pendidikan dalam memutuskan keputusan yang terbaik, sama halnya di Universitas AKPRIND Indonesia. Universitas AKPRIND Indonesia memiliki berbagai jenis program studi diantaranya Fakultas Teknik: Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Geologi, dan Teknik Lingkungan. Fakultas Sains & Teknologi Informasi: Informatika, Statistika, dan Rekayasa Sistem Komputer. Fakultas Komunikasi & Bisnis: Bisnis Digital dan Manajemen Ritel. Serta memiliki Program Pendidikan Vokasi (D-3): Teknologi Industri dan Teknologi Mesin, juga mempunyai Sekolah Pascasarjana yaitu Rekayasa Mesin. Dalam menentukan Program studi di Universitas AKPRIND Indonesia telah berjalan dengan baik setiap tahunnya, namun belum ada sistem perangkat lunak (software) yang mendukung baik untuk mengolah pemilihan program studi yang ada. Oleh karena itu perlu dibangun sebuah sistem yang dapat membantu mahasiswa dalam memilih program studi. Tujuannya agar nantinya dapat meminimalisir kesalahan dan memberikan saran yang terbaik dalam pemilihan Program Studi yang dapat diambil sesuai dengan nilai rapor yang telah dimilikinya. Beberapa metode yang dapat digunakan Metode WP dan Metode SAW. Metode WP mempunyai kelebihan melakukan pembobotan kriteria untuk perbaikan bobot kriteria, sedangkan SAW dapat menghasilkan perangkingan yang lebih mudah dipahami dan sederhana.

References

S. L. Ma’rif, M. Azmi and A. Alanda, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi di Politeknik Negeri Padang Menggunakan Metode AHP dan SAW Berbasis Web," Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 48 - 53, 2022.

Elda Ranisa, Kirman, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan dI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu Menggunakan Metode SAW,” Jurnal Media Infotama, vol. 8, no. , pp. 23 - 27, 2022.

R. Fatullah, H. Hasanah and D. Rizky, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Kuliah Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Berbasis Web Pada SMAN Kramatwatu," Smart Comp, vol. , no. , pp. 37-43, Januari 2022.

N. Ailmi, Z. Saharuna and E. Tungadi, "Metode Klasifikasi Pada Aplikasi Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Unit Kegiatan Mahasiswa," Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI) 2020, p. 42–47, 2020.

S. M. Agustinus Budi Santoso, Belajar Pemrograman Web -Dasar PHP dengan Bootstrap MySQLi, Vols. -5, M. Maya Utami Dewi, Ed., Jln Majapahit No 605 Semarang, Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, [email protected], Januari 2023.

Tumini and M. Fitria, "Penerapan Metode Scrum Pada E-Learning STMIK Cikarang Menggunakan PHP DAN MYSQL," Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 6, no. , pp. 2-6, Maret 202.

Downloads

Published

2024-06-30