Aplikasi Sistem Penilaian Berbasis Web Pada Smk Ma’arif 2 Temon Dengan Menggunakan Framework Bootstrap

Authors

  • R. Ismail Nugroho Akbar Universitas AKPRIND Indonesia
  • Amir Hamzah Universitas AKPRIND Indonesia
  • Renna Yanwastika Ariyana Universitas AKPRIND Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v12i1.4802

Keywords:

Aplikasi, Bootstrap Framework, website

Abstract

Di era globalisai ini Pendidikan merupakan faktor kunci dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing. Salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan adalah laporan nilai yang diberikan kepada siswa sebagai sarana penilaian kemampuan mereka. Namun pada penerapannya sistem pengumpulan nilai-nilai pada SMK Ma'arif 2 Temon masih bersifat konvensional atau manual yaitu pengumpulan nilai menggunakan kertas sehingga tidak efisien. Penggunaan aplikasi berbasis website memiliki potensi besar untuk membantu proses pengumpulan nilai dan memudahkan interaksi antara guru dan siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang dapat mengintegrasikan kebutuhan sekolah dengan teknologi. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan framework Bootstrap. Bootstrap adalah paket aplikasi siap pakai untuk membuat front-end sebuah website. Bisa dikatakan, bootstrap adalah template desain web dengan fitur plus. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan proses pengumpulan nilai menjadi lebih efisien, transparan, dan mendukung pengelolaan data nilai secara lebih baik.

References

Z. A. Rozi and S. D. Community, ( 2015), “Bootstrap Design Framework”, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

B. Kurniawan, Y. and A. Muhaimin, (2022), "Implementasi Sistem Informasi E-Rapor Berbasis Web Menggunakan Framework bootstrap Pada SDN 39 Pekanbaru," Mitra Gama, vol. 6, no. 1, pp. 77-82.

N. A. E. and C. Wiriani, (2021), "Sistem Informasi Akademik Pada SMA N 1 Palembayan Berbasis Web Menggunakan Framework Bootstrap," Rang Teknik Journal, vol. 4, no. 2, pp. 348-358.

R. Taufiq, D. Kasoni and L. , (2020), "Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Nilai Siswa Berbasis Web Pada SMK Putra Rifara Tangerang," Proceeding SENDIU, vol. 4, pp. 394-401.

A. Lutfhi, R. Meimaharani and M. Nurkamid, (2023), "Pengolahan Adminitrasi Nilai Siswa Sekolah Berbasis Website," Jurnal Dialektika Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 7-12.

A. Wahyudi, (2020), "Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Pada SMP Nusa Penida," Laporan Kerja Praktek, vol. 1, p. 4.

R. Abdulloh, (2018), “7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula”, Jakarta: Elex Media Komputindo.

M. MF, (2020) Buku Sakti Pemrograman Web Seri PHP, Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

H. P. and K. J., (2021), Pemrograman Web +Cd Edisi 3, Bandung: Bi-obses.

Downloads

Published

2024-06-30