Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Freight Forwarder Melalui Jalur Laut Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus: Pada Toko Bakoel Laris)

Authors

  • Christina Anggreini Torar Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Suraya Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v10i2.4762

Keywords:

Simple Additive Weighting, Freight Forwarder, Bakoel Laris

Abstract

Toko Bakoel Laris merupakan toko yang sedang berkembang dibidang retail aksesoris dan kebutuhan rumah tangga yang berfokus menjual produk impor made in China dengan produk yang dijual didapatkan langsung dari pabrik yang ada di Cina. Selain menjual secara konvensional, toko ini juga menjual produk- produknya melalui sosial media dan beberapa e_commerce. Pemilihan mitra jasa pengiriman barang selalu dilakukan pihak toko Bakoel Laris secara berkelanjutan, agar kepuasan pelanggan terjaga. Oleh karena itu banyaknya jasa pengangkutan barang impor atau freight forwarder membuat toko Bakoel Laris sulit dalam memilih dan menentukan jasa pengangkutan barang yang paling baik. Dalam pemilihan freight forwarder khususnya yang melayani jasa pengiriman barang impor Cina - Indonesia itu sendiri, pihak toko masih sering menggunakan cara yang manual, sehingga sering mengalami kesalahan dalam pemilihannya. Oleh karena itu perlu dibangun sebuah sistem yang dapat membantu pihak toko, dalam pemilihan freight forwarder. Metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini adalah Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari jumlah alternatif lainnya. Berdasarkan hasil pengujian Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang telah dibuat, diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang telah dibuat dapat dipergunakan nantinya oleh Toko Bakoel Laris.

References

Akhirina, Tri Yani. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mitra Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Penerapan Komputer.

Frieyadie. (2016). Penerapan Metode Simple additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1), 38.

Pramudyo, S. C. & Purnomo D. E. H. (2012). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Pemasok Nata De Coco Dengan Metode Simple Additive Weighting (. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 11(1), 80-81.

Putra, R. H. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Pada TB. Nameene dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen, 8(1), 45-46.

Saefudin, & Hendriana E. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pengangkutan Barang Menggunakan Metode SAW di PT. Indah Kiat Pulp And Paper TBK. Serang Mill. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 305-306.

Syahputra, R. Z. (2018). Peramalan Penjualan Jasa Freight Forwarding Dengan Metode Single Moving Averages, Exponential Smoothing Dan Weighted Moving Averages. Jurnal Adminitrasi Bisnis, 55(2), 116-117.

Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Transportasi Umum Bus Trans Jogja. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 70

Downloads

Published

2022-12-30