Perancangan Dan Pembuatan Website Berbasis Content Management System (CMS) Menggunakan Framework Codeigniter Dan Mysql Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Manggarai

Authors

  • Akwilius Ferdinandus Nugu Umpung Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Muhammad Sholeh Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erna Kumalasari Nurnawati Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

website, kabupaten manggarai, Dinas, CMS

Abstract

Di wilayah Kabupaten Manggarai aplikasi masih bersifat institusional hal ini menunjukan kebutuhan e-government belum sesuai yang diharapkan. Selain itu juga di dinas-dinas belum menunjukan penyedia Website dan pengaplikasian teknologi Informasi untuk kebutuhan publik secara umum.Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta studi pustaka sedangkan metode analisi menggunakan metode waterfall. Untuk rancangan sistem menggunakan tools diagram UML sedangkan metode pengujian sistem menggunakan blackbox. Perancangan website dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP yang bersifat open source dan Framework Codeigniter dengan konsep model-view-controller. Hasil dari penelitan ini adalah berupa sistem Website Dinas berbasis Content Management System (CMS). Dengan sistem berbasis Content Management System (CMS) para pengguna dapat mengelola dan melakukan perubahan isi sebuah Website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Website Dinas berbasis CMS ini dirancang sebagai sarana Informasi publik, serta untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih baik (good governance) yaitu dengan menghadirkan teknologi informasi dalam pelayanannya

References

E. Kurniawan, "Pengembangan Content Management System sebagai Media Informasi di Masa Pandemi : Studi Kasus di Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/`Aisyiyah," JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), vol. 7, no. 1, p. 19, 2022.

A. Wijaya and M. A. Randa, "Perancangan Dan Pembuatan Content Management System ( Cms ) Dengan Tema E-Commerce Berbasis Multi-Device," Bina Darma E-Journal, pp. 1-8, 2015.

M. Z. Siambaton and M. Fakhriza, "Aplikasi Content Management System (Cms) Pada Joomla Untuk Membuat Web Service," InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 1, no. 1, pp. 11-13, 2016.

A. Achmad, "Studi Content Management System (CMS) dan Pembuatan Web Edukasi di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNM," Jurnal Ilmiah d’Computare, vol. 6, pp. 52-57, 2016.

H. Baenil and B. Priyatna, "Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce," Systematics, no. 2, p. 81, 2019.

Downloads

Published

2023-12-15