Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus di IST AKPRIND)

Authors

  • Hae Isnapoh Maykel Yoseph Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Amir Hamzah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erma Susanti Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa, SAW, Database

Abstract

Pemberian beasiswa bagi mahasiswa mahasiswi berprestasi adalah bantuan dari pemerintah berupa sejumlah uang tunai yang diberikan langsung kepada penerima beasiswa. Penerima yang diberikan beasiswa yaitu peserta didik yang belajar memenuhi berapa syarat yang disertakan. Penerima beasiswa adalah peserta yang mana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berdasarkan mekanisme yang telah ditetapkan.Agar proses seleksi beasiswa di tingkat kampus tepat sasaran maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode Simple Additive Weighting (SAW) sering dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar dari metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Metode Simple Additive Weighting (SAW) membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Sistem pendukung keputusan penerimaan beasiswa akan dikembangkan dengan menggunakan SAW yang sepadan dengan database MySQL sebagai server. Sistem ini, menjadi membantu pihak penyeleksi dalam bentuk sistem pengambilan keputusan perhitungan yang tersistematis oleh sistem dan sistem manual untuk mencari nilai rata-rata dari setiap peserta yang menjadi dasarkan pengambilan keputusan kelulusan beasiswa.

References

Wartoyo, Franciscus Xaverius, “TANGGUNG JAWAB HUKUM PEMERINTAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN NASIONAL,” Yustisia Jurnal Hukum,vol.5,pp. 216-230,2017.

R. T. Subagio, M. T. Abdullah, and Jaenudin, “Penerapan Metode SAW (Simple Additive Weighting) dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa,” Pros. SAINTIKS FTIK UNIKOM, vol. 2, pp. 61–68, 2017.

F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 22, 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.

R. Rachman, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Penilaian Karyawan Pada Kenaikan Jabatan,” J. Tekno Insentif, vol. 12, no. 2, pp. 21–27, 2019, doi: 10.36787/jti.v12i2.71.

Y. A. Wati and M. Sadikin, “Keputusan Prioritas Perbaikan Mold Menggunakan Metode Saw ( Simple Additive Weighting ),” vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2019.

R. T. Subagio, M. T. Abdullah, and Jaenudin, “Penerapan Metode SAW (Simple Additive Weighting) dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa,” Pros. SAINTIKS FTIK UNIKOM, vol. 2, pp. 61–68, 2017.

S. Informasi, T. Informasi, U. N. Mandiri, and J. Indonesia, “Seri Sains dan Teknologi SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN BARANG TERLARIS DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ) PADA TOKO DISTRO LENGGE JAKARTA Seri Sains dan Teknologi P-ISSN 2477-3891 E-ISSN 2615-4765,” vol. 8, no. 1, pp. 7–12, 2022.

E. Okyere, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW),” Phys. Rev. E, no. June, p. 53, 2011.

Downloads

Published

2023-12-15