Sistem Informasi Pelayanan Pasien Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Klinik Spesialis Kulit Sukses Banjarmasin)

Authors

  • Rizky Erico Yanuar Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Edhy Sutanta Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v11i1.4476

Keywords:

Kesehatan, CodeIgniter, Black Box, Sistem Informasi Pelayanan Pasien

Abstract

Teknologi informasi di era sekarang tidak lagi dianggap sebagai hal yang baru. Perkembangan teknologi informasi telah merambah semua bidang kehidupan, termasuk bidang kesehatan. Salah satu upaya mewujudkan status kesehatan masyarakat yang optimal adalah dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sistem pelayanan pasien di Klinik Spesialis Kulit Sukses Banjarmasin masih dilakukan secara manual, sehingga memerlukan waktu yang relatif lama dan terjadi kesulitan-kesulitan saat pencarian dokumen dan penyajian data dan pembuatan laporan, Tujuan dari penelitian ini adalah:Mendapatkan hasil pengujian sistem informasi menggunakan metode black box testing. Dan Mendapatkan sistem berbasis web yang dapat mempercepat waktu pelayanan kepada pasien dan mempermudah pengelolaan data, penyajian informasi, dan pembuatan laporan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa data-data seperti dokter, pegawai, pasien dan data informasi mengenai rekam medis, dan lain-lain, Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Metode wawancara, Metode studi pustaka, Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan yaitu telah dikembangkan dan diuji sistem pelayanan yang dapat membantu pihak klinik untuk mempercepat proses layanan dan proses penyajian data dan pembuatan laporan. Salah satu alternatif yang bisa diterapkan adalah dengan membangun Sistem Informasi Pelayanan Pasien Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter.

References

Syukron, A., & Hasan, N. (2015). Kata Kunci : puskesmas, rawat jalan , sistem informasi 1.1. 3(1), 28–34.

Puastuti, D., & Abb, K. S. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pendataan Warga Sekolah Berbasis Web Pada SDN 2 Pagelaran. 3(1), 26–42.

Permenkes, & RI No.9. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan tentang Klinik. 1–18.

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30. https://doi.org/10.33365/jti.v11i2.24

Atmaja, I., Wijaya, I., & ... (2020). Sistem Informasi Geografis Kerajinan Desa Kamasan Berbasis WebsiteDenganFrameworkCodeigniterJutisi:JurnalIlmiahhttp://ojs.stmikbanjarbaru.ac.id/index.php/j utisi/article/view/492

Basri, S. H., Izzuddin, A., & Marzuki, I. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Akademik Berbasis SMS Gateway Menggunakan PHP Framework CodeIgniter. Energy, 5(1), 20–23.

Budi Raharjo, 2015. Belajar Otodidak Framework Codeigniter Teknik Pemrograman Web dengan PHP dan Framework Codeigniter 3(INFORMATIKA)

Arrhioui, K., Mbarki, S., Betari, O., Roubi, S., & Erramdani, M. (2017). A Model Driven Approach for ModelingandGeneratingPHPCodeIgniter based Applications. https://doi.org/10.14738/tmlai.54.3189

Das, R., & Saikia, L. P. (2016). Comparison of Procedural PHP with Codeigniter and Laravel Framework. 2(6), 42–48.

Endra, R. Y., & Aprilita, D. S. (2018). Fakultas Ilmu Komputer.Ade, Wahyudi. 2017. Jumlah PenggunaSmartphonediIndonesia.Emarketer,https://databoks.katadata.co.id/datablog/2017/01/24/i ndonesia-raksasa-teknologi-digital-asia

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur danBerorientasi Objek.Bandung: Informatika Bandung.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F. & Rahmadi, H., 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, Volume I

M Teguh Prihandoyo. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126–129.

Mardi, (2014), Sistem Informasi Akuntansi, Cetakan Kedua, Ghalia Indonesia,Bogor. Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2023-06-14