Penerapan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Ayam Menggunakan Metode Certainty Faktor Berbasis Web

Authors

  • Rosalina Elvideswita S. Sutysna Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Renna Yanwastika Ariyana Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Ayam, Sistem Pakar, Certainty Factor, Website

Abstract

Ayam adalah salah satu unggas yang rentan terkena penyakit akibat virus atau bakteri. Banyak para peternak ayam yang mengeluh karena ayam yang rentan terkena penyakit karena virus atau bakteri. Dalam hal ini peneliti melakukan sebuah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit ayam berdasarkan gejala yang dibuat berdasarkan pengetahuan lansung dari pakarnya dan berbasis website agar mudah diakses oleh pengguna. Penelitian ini dibuat menggunakan metode certainty factor dalam menghitung tingkat kepakarannya. Data penelitian ini terdiri dari data jenis penyakit dan data gejala yang dimiliki ayam agar penangannya lebih tepat. Diperlukan ketepatan dan keakuratan dalam menyimpulkan penyakit yang diderita ayam beserta gejalanya menggunakan metode certainty factor. Manfaat dilakukannya penelitian ini adalah membantu para peternak ayam menentukan penyakit yang diderita ayam agar penanganan dan pencegahannya juga tepat.

References

Adani, R. (2021). kenali lebih dalam seputar sistem pakar dan metode pengembangannya.

Annisa, R. (2018). Sistem Pakar Metode Certainty Factor Untuk Mendiagnosa Tipe Skizofrenia. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology).

Astono, Y. T., Febrian, M. S., Laksana, W. P., & Laveri, R. I. (2019). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KUCING FELINE VIRUS MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB. Pseudocode, VI.

Bosker, S., & Nansia, O. (2019). SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA AYAM TERNAK MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FAKTOR. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, IV, 14-18.

Fadlina, F., Ginting, G., & Siska, T. S. (2017). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Gumboro Pada Ayam Broiler Dengan Metode Certainty Factor. Jurnal Media Informatika Budidarma, I, 54-57.

Muqorobbin, M., Utomo, P. B., Kusrini, K., & Naffi'Udin, M. (2018). Implementasi Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Berbasis Android. Creative Information Technology Journal,, 5.

Yasin, M. (2019). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pembagian Harta Waris Dalam Islam Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL.

Downloads

Published

2022-09-15