Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Wisata Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus: Objek Wisata Pantai Pulau Adonara Kabupaten Flores Timur)

Authors

  • Theresia Solot Diri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Renna Yanwastika Ariyana Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v10i1.4069

Keywords:

Berwisata, Weighted Product, Pengujian Sistem, Pengujian Manual

Abstract

Berwisata adalah sebuah kegiatan yang pastinya sebagian besar orang menyukai hal tersebut dan tidak sedikit pula sebagian orang beranggapan bahwa berwisata adalah hal yang wajib dilakukan, namun terkadang masih ada saja orangorang yang direpotkan karena bingung memilih tempat berwisata yang cocok dan sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu untuk mempermudah calon wisatawan dalam mengetahui lebih banyak mengenai tempat wisata dengan informasi akurat dan rekomendasi pemilihan objek wisata pantai yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang dipilih, maka dibutuhkan sebuah komputerisasi yang memuat seluruh informasi wisata pantai secara online dengan menggunakan metode Weighted Product yang diharapkan dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan pendukung keputusan pemilihan objek wisata pantai secara efektif. Metode Weighted Product cukup banyak digunakan untuk pengambilan keputusan karena metodenya yang sederhana dengan memasukan semua faktor dan komputasinya. Metode Weighted Product merupakan metode pengambilan keputusan dengan cara perkalian untuk meghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Weighted Product dalam melakukan pemilihan objek wisata pantai terbaik memberikan hasil yang sama antara hasil pengujian pada sistem dengan hasil perhitungan manual. Kemudian berdasarkan pengujian sistem dan pengujian manual dilakukan oleh 20 wisata pantai menunjukan bahwa 100% sistem sudah berjalan dengan baik.

References

Ismayanti, "Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Tempat Wisata di Pasuruan Menggunakan Metode Weighted Product Berbasis Android," Informatika, pp. 1-3, 2018.

E. O. Alim, "Pemberian Alternatif Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Merauke Dengan Metode AHP," akakom, p. 6, 2020.

R. d. Manurung, "Pemilihan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)," linkedin, p. 95, 2019.

A. d. Kurniawan, "Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen studi kasus pada STIMIK Pontianak menggunakan Metode Weighted Product (WP)," potensi-utama, 2020.

P. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Wisata di Kabupaten Tulungagung Menggunakan Metode Topsis," jurnal akakom, p. 6, 2020.

D. H. Tanjung, "Pemilihan Objek Wisata di Sumatera Utara dengan metode Analytical Hierarchy process," Jurnal amikom, p. 38, 2019.

Utomo, "Sistem Pendukung Keputusan," jurnal uajy, p. 15, 2020.

S. d. Wahyuningsih, "Sistem Pendukung Keputusan," Jurnal uajy, p. 15, 2019.

Zulita, "Sistem Pendukung Keputusan," jurnal uajy, p. 15, 2019.

Y. I. M. Rachman Komarudin, "Penerapan Metode Weighted Product (WP) Pada Pemilihan Supplier Kimia," jurnal BSI, 2020.

Downloads

Published

2022-09-15