SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) STUDI KASUS: SMK NEGERI 4 KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU

Authors

  • Nurmansyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Uning Lestari Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Renna Yanwastika Ariyana Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, SMK, Beasiswa

Abstract

Mendapatkan pendidikan yang baik merupakan salah satu hak asasi manusia yang paling mendasar yang tercantum pada UUD 1945 pasal 31 (1). Saat ini pemerintah telah memiliki program pendidikan gratis dan telah menetapkan program wajib belajar 12 tahun. Untuk mendukung program tersebut, banyak lembaga pemerintah maupun swasta yang menyediakan bantuan pendidikan melalui program beasiswa. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 4 Kepahiang mendapat kuota bagi siswanya untuk mengikuti program beasiswa dari pemerintah yang dibagi dalam dua jenis, yaitu beasiswa prestasi dan beasiswa kurang mampu. Proses penyeleksian di SMK N 4 Kepahiang belum menerapkan suatu metode dan masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan pemberian beasiswa berbasis web menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan menerapkan metode tersebut sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh SMK N 4 Kepahiang. Pemodelan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan untuk perancangan digunakan alat bantu pemodelan Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP. Berdasarkan hasil pembahasan selama melakukan penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang diteliti memenuhi tujuan awal penelitian yaitu membantu pihak SMK N 4 Kepahiang dalam menenentukan penerima beasiswa yang sesuai, sehingga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan dalam menentukan penerima beasiswa

References

Eniyati, S. (2011). Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 12 (2), 171-176.

Gafur, A. (2008). Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa. Jakarta: Penebar Plus.

Kadir, A. (2014). Pemrograman Web Mencakup: HTML, CSS, JAVASCRIPT, dan PHP. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Kusrini. (2007). Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi Atribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Liesnaningsih, Taufik, R., Destriana, R., & Suyitno, A. P. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Berbasis WEB Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Pondok Pesantren Daarul Ahsan. Jurnal Informatika Universitas Pamulang , 54-60.

Rizal. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Penerima Beasiswa Pada Universitas Malikussaleh. Jurnal Penelitian Teknik Informatika Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe - Aceh , 113-124.

Sasmito, P. A., Ilhamsyah, & Sari, R. P. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Dengan Menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Komputer dan Aplikasi, 43-53.

Sekolah Kita. (2021, 8 24). Retrieved from Sekolah Data Kemendikbud: https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/198ACAAE-BFB2-44EA-BB17-2477EEF3D82E

Sembiring, M. A., & Larasati Sibuea, M. F. (2019). Penerapan Metode SAW Untuk Pemberian Beasiswa Mahasiswa Berprestasi. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 12-15.

Downloads

Published

2021-12-25