SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GITAR LOKAL DI TOKO JOGJAKUSTIK15 MENGGUNAKAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) BERBASIS WEBSITE

Authors

  • Muhammad Uwlinuha Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Muhammad Sholeh Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Gitar Akustik Lokal, Sistem Pendukung Keputusan, Metode SAW (Simple Additive Weighting)

Abstract

Meningkatnya industri musik di Indonesia, terutama musisi Indonesia yang cover lagu atau arasement lagu berkembang dengan sangat banyak. Sebagian besar para musisi cover lagu berasal dari kalangan remaja, sehingga banyak remaja yang ingin belajar gitar. Gitar akustik lokal banyak permintaan dari gitaris pemula yang baru belajar bermain gitar. Sebagian besar dari gitaris pemula bingung untuk memilih gitar akustik lokal yang sesuai dengan pilihannya. Dari segi bahan, senar, kemudian harga dan tingkat keawetanya. Oleh karena itu, hasil penelitian akan dirancang dan dibangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Rekomendasi Pemilihan Gitar Akustik Lokal dengan metode SAW (Simple Additive Weighting) berbasis Website dengan kriteria gitar, yaitu harga, bahan kayu, trushord/tanam besi, jenis senar dan keawetan. Sistem bekerja dengan cara user/calon pembeli membuka website, kemudian membuka menu rekomendasi gitar. Di dalam menu rekomendasi gitar terdapat rangking gitar hasil dari perhitungan normalisasi sistem. Calon pembeli dapat melihat detail gitar, dan terdapat kontak penjual jika calon pembeli ingin membeli gitar. Sistem ini diharapkan dapat membantu pengambil keputusan atau calon pembeli gitar akustik lokal dalam menentukan pilihannya secara efektif dan efisien. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem pendukung keputusan rekomendasi pemilihan gitar dengan menggunakan metode SAW yang ditampilkan dalam bentuk website di toko gitar Jogjakustik15 dan mempermudah calon pembeli dalam memilih gitar akustik lokal yang terbaik.

References

Hatmaji, T. D. (2018). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Gitar Elektrik Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Yogyakarta: fakultas sains dan teknologi, universitas sanata dharma.

Latipah, & Fadillah, E. (2019). Implementasi Metode AHP Untuk Rekomendasi Pemilihan Merek Gitar Akustik Terbaik. Jurnal Insand Comtech, 1-8.

Nikron, S. A. (2017). Rancang Bangun Sistem Pemilihan Gitar Akustik Dan Elektrik Berbasis WEB Dengan Metode Simple Additive Weigthing (SAW). Simki Techsain, 1-9.

Nugraha, H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kayu Untuk Gitar Menggunakan Metode Technique For Order By Similarity To Ideal Solution (TOPOSIS). Riset Komputer (JURIKOM), 334-338.

Prasetyaningrum, P. T, & Nugroho, R. I. (2020). Penereapan Simple Additive Weighing Pemilihan Kayu Untuk Pembuatan Gitar. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musiwaras), 1-12.

Downloads

Published

2021-12-25