PENENTUAN OBJEK WISATA KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Authors

  • Mia Lusmiawati Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Amir Hamzah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Berwisata, Fuzzy Tsukamoto, Rekomendasi

Abstract

Berwisata merupakan kebutuhan jasmani yang penting dan terkadang terlupakan bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk sejenak beristirahat dan menikmati waktu berlibur. Ketika berwisata tubuh dan pikiran akan merasakan ketenangan dan kepuasan yang akan mengurangi rasa penat dan beban pikiran yang didapatkan setelah aktivitas selama seharian. oleh karena itu untuk mempermudah calon wisatawan dalam mengetahui lebih banyak mengenai tempat wisata dengan informasi yang akurat dan rekomendasi pemilihan  objek wisata yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang dipilih, maka dibutuhkan sebuah sistem komputerisasi yang memuat seluruh informasi daerah wisata secara online dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto yang diharapkan dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan pendukung keputusan pemilihan  objek wisata secara efektif. Fuzzy Tsukamoto adalah metode yang memiliki toleransi pada data dan sangat fleksibel. Kelebihan dari metode Tsukamoto yaitu bersifat intuitif dan dapat memberikan tanggapan berdasarkan informasi yang bersifat kualitatif, tidak akurat, dan ambigu sehingga memudahkan penulis untuk menentukan rekomendasi wisata ini. Dijadikannya kota ini sebagai obyek penelitian karena selalu menarik minat wisatawan baik domestik maupun internasional. Tempat wisata di Bandung yang juga sangat beragam , membuat wisatawan tidak akan kehabisan ide tempat untuk dikunjungi. Oleh karena itu dengan adanya website ini diharapkan dapat membantu wisatawan yang akan berkunjung ke kota Bandung untuk mendapatkan rekomendasi tempat yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

References

Agus Prayogi, E. s. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Jumlah Produksi Nanas . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Akhmad Busthomy, S. H. (2016). JIMP -Jurnal Informatika Merdeka PasuruanVol.2, No.1 Agustus 2016 ISSN :2503-1945Departemen Fakultas Teknologi Informasi -Universitas Merdeka Pasuruan33SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN OBYEK WISATA DI KABUPATEN PASURUAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE. Jurnal Universitas Merdeka Pasuruan.

Andaru, A. (2018). jurnal pengertian database secara umum.

Bhirawa Anoraga Nandari, S. (2014). Pembuatan Website Portal Berita Desa Jetis Lor . IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security.

Embun Fajar Wati1, A. A. (2016). Penerapan Metode UnifiedModeling Language(UML) Berbasis Desktop Pada Sistem Pengolahan Kas Kecil Studi Kasus Pada PT Indo Mada Yasa Tangerang. UNSIKA Syntax Jurnal Informatika .

Hamdani, D. S. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER OBAT MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO. JURNAL SPK.

Irawan, P. M. (2015). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik. Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika (SC-SITI).

Irvan, R. (2021, Mei 11). NATIVEINDONESIA.COM. Retrieved from https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-di-bandung/

Mason, P. (1990). Tourism: Environment and Development Perspectives. World Wide Fund for Nature.

Miftahus Sholihin, N. F. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Warga Penerima Jamkesmas Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal teknika.

Miftahus Sholihin, N. F. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Warga Penerima Jamkesmas Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal teknika.

Muhammad Saed Novendri, A. S. (2019). APLIKASI INVENTARIS BARANG PADA MTS NURUL ISLAM DUMAI PENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL. Lentera Dumai.

Ridwan boki, S. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN CALON GURU BERPRESTASI MENGGUNAKAN FUZZY TSUKAMOTO. semanTIK.

Rohmat Taufiq, H. P. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN . Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Suryadana, M. L. (n.d.). SOSIOLOGI PARIWISATA: KAJIAN KEPARIWISATAAN DALAM PARADIGMA INTEGRATIF-TRANSFORMATIF MENUJU WISATA SPIRITUAL. Bandung: Humaniora.

Downloads

Published

2021-12-25