ANALISIS PERBANDINGAN USABILITY DAN USER SATISFACTION PADA WEBSITE PESANSAJA.COM DAN KULINERAN.COM

Authors

  • Reza Agustian Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Rr. Yuliana Rachmawati Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Suraya Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Usability, User Satisfaction, Analisis, Statistic, kulineran.com, Pesansaja.com

Abstract

Dibidang kuliner mulai banyak yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat melalui salah satunya sistem informasi (website). Sistem informasi (website) kuliner yang menawarkan berbagai macam kuliner yang ada di Yogyakarta salah satunya adalah sistem informasi (website) pesansaja.com dan kulineran.com. Kedua website tersebut masih memilki permasalahan mulai dari user interface yang kurang baik, fitur dan informasi yang seharusnya tersedia namun tidak ada pada website tersebut serta tautan yang tidak bekerja atau rusak. Pengukuran pada sistem informasi (website) pesansaja.com dan kulineran.com dapat di ukur dengan menggunakan analisis usability dan user satisfaction, yaitu proses optimasi interaksi antara pengguna dengan sistem dan kepuasan pengguna. Analisis distribusi frekuensi dan analisis deskriptif juga digunakan sebagai pengukuran data responden yang dilanjutkan dengan uji statistik terhadap variabel-variabel usability dan user satisfaction. Hasil dari pengujian yang dilakukan maka diperoleh nilai untuk tingkat usability dan user satisfaction serta tingkat persentase faktor usability dan user satisfaction. Berdasarkan perbandingan analisis tingkat user satisfaction pada website pesansaja.com dan kulineran.com didapatkan bahwa website kulineran.com lebih baik di bandingkan pesansaja.com.

References

H. Sastramihardja, "Perancangan Kerja dalam Perangkat Lunak, Interaktif," Jurnal Informatika ITB, vol. 1, no. pp, pp. 13-16, 1999.

D. R. Rahadi, "Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi," Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 6, pp. 661-671, 2014.

J. Nielsen, "Guerrilla HCI: using discount usability engineering to penetrate the intimidation barrier," Digital Library, 1 Januari 1994. [Online]. Available: https://dl.acm.org/doi/10.5555/186524.186639. [Accessed 9 Desember 2021].

R. McLeod, Management Information Systems, New Jersey: Pearson/Prentice Hall, 2007.

Yudha, "Cara Cek Broken Link/Link Rusak di Blog untuk Menaikan Kualitas Blog," LADANGTEKNO, [Online]. Available: https://www.ladangtekno.com/2020/06/cara-cek-broken-linklink-rusak-di-blog.html. [Accessed 12 Desember 2021].

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, 2013.

W. J. Haryadi Sarjono, "SPSS vs LISREL : sebuah pengantar aplikasi untuk riset," Salemba Empat, Jakarta, 2011.

S. Arikunto, Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Universitas Diponogoro, 2007.

I. H. B. Jum C Nunnally, Psychometric theory (3rd ed.), New York: McGraw-Hill, 1994.

Downloads

Published

2022-01-28