PENERAPAN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA MASALAH PADA PERANGKAT KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING BERBASIS WEB

Authors

  • Firmansyah Surwa Adi L Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erna Kumalasari Nurnawati Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Uning Lestari Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

sistem pakar, hardware, backward chaining

Abstract

Banyaknya pengguna komputer yang bermasalah dengan penanganan kerusakan komputer, dirasakan perlu dibuat suatu software atau sistem yang dapat membantu memecahkan permasalahan komputer. Software yang dimaksud adalah suatu software sistem pakar yang berfungsi sebagai pengganti organisasi atau seorang yang ahli dalam bidang penanganan kerusakan komputer. Kerusakan komputer terdiri dari dua bagian penting yaitu Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software), bagian pertama adalah hardware komputer berupa alat yang dapat dilihat dan dipegang seperti: monitor, keyboard, mouse, CPU (Central Processing Unit) dan semua perangkat didalamnya. Pada penelitian ini adalah salah satu metode dari Bacward Chaining, yaitu menggunakan pendekatan goal driven, yang dimulai dari harapan apa yang akan terjadi atau hipotesis dan kemudian mencari bukti yang mendukung atau berlawanan dengan harapan. Backward Chaining ini memerlukan perumusan dan pengujian hipotesis sementara. Metode Backward Chaining ini digunakan jika suatu aplikasi menghasilkan tree yang sempit dan dalam. Metode penelitian yang dipakai adalah metode prototype. Perancangan sistem pakar ini menggunakan metode UML. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman berbasis web yaitu PHP dan MySQL sebagai database. Hasil dari penelitian ini adalah adanya sistem pakar diagnosa kerusakan komputer yang dapat mempermudah pengguna awam menangani masalah komputer khususnya di bagian perangkat keras komputer (Hardware) dengan aplikasi berbasis web dan mempermudah pengguna awam dalam menangani masalah perihal hardware komputer.

References

Oktapiani, R. (2017). Penerapan Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Kerusakan Komputer. IJCIT(Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol 2 No 2.

Tsani, M. R. (2018). Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Kerusakan Pada Printer Dengan Metode Backward Chaining Pada Bahari Komputer Tegal. Smart Comp, Vol 7 No.2.

Wijayana, Y. (2019). Sistem Pakar Kerusakan Hardware Komputer dengan metode Backward Chaining Berbasis Web. Media Elektrika, Vol 12 No 2.

Downloads

Published

2022-01-28