IDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SESEORANG BERDASARKAN POLA TULISAN TANGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE

Authors

  • Narfiana Wilujeng Lestari Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Suraya Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Rosalia Arum Kumalasanti Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v9i1.3661

Keywords:

Ekstraksi fitur, Support Vector Machine, tulisan tangan, garfologi, pengolahan citra digital

Abstract

Manusia memiliki sifat, kepribadian dan karakter yang berbeda, mulai dari cara seorang berjalan, ada yang bisa menebak bagaimanakah sifat dan watak orang tersebut, dari raut wajah, kepribadian, atau karakter secara umum. Kepribadian adalah cara seseorang berinteraksi dan bereaksi. Tulisan tangan seseorang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang dengan melihat pola tulisan tangan. Pola tulisan tangan adalah pembelajaran mesin (machine learning) yang menitik beratkan pada metode klasifisikasi tulisan tangan ke dalam kelas-kelas tertentu untuk menyelesaikan masalah tertentu. Dalam ilmu psikologi untuk mengidentifikasi tulisan tangan disebut dengan Grafologi. Dalam grafologi untuk melihat kepribadian dengan tulisan tangan diantaranya adalah ukuran tulisan, spasi antar kata, spasi antar huruf, spasi antar baris, kemiringan dan lain sebagainya. Teknologi pengolahan citra digital adalah salah satu teknologi yang dapat membantu proses identifikasi kepribadian seseorang secara otomatis dengan sistem aplikasi yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang dengan menggunakan metode fitur jarak antar kata yang dihasilkan dan menggunakan klasifikasi multi class Support Vector Machine. Sistem aplikasi menggunakan 22 data latih dan 15 data ujinya. Kelas pada penelitian ini adalah introvert dan extrovert. Algoritma yang digunakan yaitu algoritma Support Vector Machine dengan menggunakan kernel. Akurasi yang didapatkan saat pengujian sebesar 86,67%.

References

Fadhilla, M., Saf, M. R., & Sahid, D. S. (2017, Agustus). Pengenalan Kepribadian Seseorang Berdasarkan Pola. JNTETI, 6, 365-373.

Handhayani, T. (2017, April). IDENTIFIKASI PENULIS MELALUI POLA TULISAN TANGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE. Jurnal Muara, 1(1), 210-217.

Mustofa, K., Sugiharto, A., & Sasongko, P. S. (2013). ANALISIS POLA KEMIRINGAN TULISAN TANGAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SESEORANG MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). Journal of Informatics and Technology, Vol 2, No 3, 92-102.

Pamungkas, A. (2019, 5 11). Pengenalan Pola. Retrieved 6 17, 2020, from Pemrograman MATLAB: https://pemrogramanmatlab.com/pengenalan-pola-citra-digital-menggunakan-matlab/

Putra, D. (2010). Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rusbianto, R., & Susilawati, I. (2019). Identifikasi Citra Tulisan Tangan untuk Menentukan Karakter Kepribadian Introvert atau Extrovert dengan Metode LS Classifier. JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence), 3, 17-22.

Setyasih. (2009). Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra (1 ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Singh, L. D. (2018). Psychological Analysis Based On Handwriting Pattern With Machine Learning. Department Of Computer Science And Engineering National Institute Of Technology Manipur.

Downloads

Published

2021-09-23