SISTEM INFORMASI PENYEWAAN PERALATAN EVENT PADA BLASSGROUP YOGYAKARTA

Authors

  • Dina Mardiana Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Suraya Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v9i1.3657

Keywords:

Sistem informasi, penyewaan, peralatan event

Abstract

Blassgroup Yogyakarta merupakan perusahaan yang bergerak pada penyewaan alat event seperti sound system, lighting system, stage rigging, dan power. Persewaan peralatan event dari skala kecil atau ruang lingkup daerah hingga lingkup nasional, namun belum ada sistem untuk perusahaan tersebut. Sistem yang berjalan yakni sistem konvensional yaitu pemesanan sewa, pencatatan transaksi dan pembayaran masih manual. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode observasi, metode wawancara dan metode studi pustaka. Sistem informasi penyewaan peralatan event blassgroup yogyakarta dibangun dengan menggunakan Bahasa PHP, HTML, CSS, MYSQL sebagai database. Apache dan tomcat sebagai web server, notepad ++ sebagai text editor. Data flow diagram untuk merancang sistem, Cphanel untuk server web hosting. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Penyewaan Peralatan Event pada Blassgroup Yogyakarta, berupa sistem informasi berbasis website online. Memberi kemudaan terhadap penyewa yang berasal dari dalam daerah maupun luar daerah dalam pemesanan sewa, dan juga terhadap blassgroup yogyakarta dalam pencatatan transaksi lebih efisien. Sehingga transaksi penyewaan secara online tentunya sangat efektif dan efisien.

References

Manalu, M. R. (2015). Implementasi Sistem Informasi Penyewaan Mobil pada CV BTN Padang Bulan dengan Metode Waterfall. Jurnal Mantik Menusa Volume 18 No 2, 34-43.

Ramdhani, Chandra, E., Sapitri, J. E., & Rizkyansyah, M. (2018). Sistem Informasi Penyewaan Peralatan Event Organizer Berbasis Web pada PT Adecon. Jurnal Abdimas BSI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 No 3, 390-397.

Septavia, I., Gunadhi, E., & Kurniawati, R. (2015). Sistem Informasi Penyewaan Mobil Berbasis Web di Jasa Karunia Tour and Travel. Jurnal Algoritma 12 No 2, 534-540.

Zulifar, H. Q. (2019). Sistem Informasi Penyewaan Alat Sound System. Universitas Komputer Indonesia.

Downloads

Published

2021-06-23