SISTEM MANAJEMEN PENYEWAAN KAMAR KOS BERBASIS WEB WEB-BASED BOARDING HOUSE RENTAL MANAGEMENT SYSTEM

Authors

  • Achmad Rivaldi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Edhy Sutanta Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Rosalia Arum Kumalasanti Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v9i1.3639

Keywords:

Manajemen, Penyewaan, PHP, Google Maps API

Abstract

Pengolahan data pada persewaan kamar kos sebagian masih dilakukan dengan sistem manual. Sistem manual ini mempunyai beberapa kendala, diantaranya pengecekan kamar kosong, pencatatan data penyewa baru, pencatatan dan pelaporan keuangan relatif lebih lama, lebih sulit, dan kurang akurat. Saat ini juga belum ditemukan sistem pengelolaan persewaan kamar kos yang bersifat umum dan bisa diterapkan di tempat-tempat yang berbeda. Penelitian ini mengembangkan sistem manajemen penyewaan kamar kos berbasis web yang dapat diatur sedemikian rupa sehingga bisa diterapkan pada tempat penyewaan kamar kos yang berbeda-beda. Analisis dan perancangan sistem dilakukan menggunakan UML, sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai server database, serta mengintegrasikan google maps API sebagai media pemetaan lokasi.Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem manajemen penyewaan kamar kos dengan fitur-fitur utama yaitu pencarian kos dan pemesanan kamar, Pengguna aplikasi ini terdiri dari penyewa, tamu, pemilik dan admin. Aplikasi dapat diatur sehingga bisa diterapkan pada tempat penyewaan kamar kos yang berbeda-beda.

References

Ardhana, Y. K. (2012). PHP Menyelesaikan Website 30 Juta. Jasakom.

Ermawati, Nurnawati, E. K., & Raharjo, S. (2016). Pemetaan Cagar Budaya Di Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Mobile. Jurnal Script, 04, 28–36.

Gunawan, D., & Nugroho, E. C. (2015). Sistem informasi sewa rumah kost dan rumah kontrakan berbasis web di surakarta. STMIK AUB Surakarta.

Indiharto, R. A. (2016). Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web pada Perusahaan Pergudangan.

Indrajani. (2015). Database Design (Case Study All in One). PT Elex Media Komputindo.

Mahdia, F., & Noviyanto, F. (2013). Pemanfaatan Google Maps Api Untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 164–165.

Maulana, I., & Ginanjar, R. (2016). Sistem Informasi Manajemen Kost Berbasis Web. President University, Fakultas Komputer, Jl. Ki Hajar Dewantara, Cikarang Baru, Bekasi.

Pratama, I. P. A. E. (2014). Sistem Informasi Dan Implementasinya Berbasis Open Source. Informatika (Bandung).

Selviana, R., & Utari, L. D. (2019). Sistem Informasi Pencarian Kos Kosan Di Sekitar Kecamatan Beji Berbasis Web.

Setiyawan, H. (2013). Sistem Informasi Tempat Kost Di Sekitar Universitas Muahammadiyah Surakarta Berbasis Web. Skripsi. Surakarta: Fakultas Komunikasi Dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sholiq. (2006). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Graha Ilmu.

Sibero, A. F. K. (2014). Web Programming Power Pack. Mediakom.

Sidik, B. (2014). Pemrograman Web dengan Php. Santika Kencana.

Sukamto, Ariani, R., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Triandini, E. (2012). Step By Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Utami, E., & Hartanto, A. D. (2012). Sistem Basis Data Menggunakan Microsoft SQL Server 2005. ANDI.

Downloads

Published

2021-06-23