Nazif.com: APLIKASI BANK SAMPAH SYARIAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

Authors

  • Abdulah Dwi Saputra Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Prita Haryani Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Edhy Sutanta Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34151/script.v9i1.3638

Keywords:

Aplikasi web, Bank sampah, Database, Nazif.com, Syariah

Abstract

Pemerintah Indonesia menjadikan bank sampah sebagai salah satu program 3R (reduce, reuse, recycle) agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan serta dapat mengubah perilaku masyarakat. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di Kota Yogyakarta, saat ini belum tersedia sebuah sistem pengelolaan bank sampah syariah yang didukung dengan aplikasi berbasis web yang mampu membantu proses operasional pada bank sampah syariah tersebut.
Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi untuk sistem pengelolaan bank sampah dengan metodologi prototyping. Pengembangan aplikasi dilakukan melalui tujuh tahapan, yaitu: pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping, coding, evaluasi sistem, dan penggunaan sistem. Aplikasi dikembangkan menggunakan framework codeigniter. Aplikasi web bank sampah dalam penelitian ini diberi nama Nazif.com yang memiliki kelebihan dalam pengelolaan transaksi dilakukan berdasarkan syariah Islam sehingga memberikan rasa aman bagi nasabah khususnya bagi umat Islam agar terhindar dari riba’ serta memiliki fitur validasi menggunakan email-gateway. Berdasarkan hasil pengujian blackbox testing yang meliputi component testing, integration testing, dan system testing menunjukkan bahwa aplikasi Nazif.com sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

References

Abdul Aziz dan Soni Fajar Surya Gumilang. (2018). Rancangan Fitur Aplikasi Pengelolaan Administrasi dan Bisnis Bank Sampah. Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi (pp. 208-213). Pangkalpinang: STMIK Atma Luhur.

Andi Dwi Riyanto dan Galuh Kusumastuti. (2015). Pembangunan Sistem Informasi Pengelolahan Data pada Tabungan Bank Sampah "Ceria". Jurnal Telematika, Vol.8 No.2, Hal: 2442-4528.

Isan Priana dan Leni Fitriyani. (2016). Perancangan Aplikasi Perangkat Lunak Pengelolaan Data Bank Sampah di PT. Inpower Karya Mandiri Garut. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Vol. 14 No. 1, Hal: 407-413.

Siti Ummi Masruroh, Siti Ermilia S., Dan Hendra Bayu S. (2015). Pengembangan Aplikasi Bank Sampah Menggunakan Layanan Teknologi Informasi Cloud Computing pada Bank Sampah Melati Bersih. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 8 No. 02, Hal: 1-8.

Sulistya, R. (2019, Agustus 28). Sampah Indonesia Terus Meningkat Tiga Juta Ton Tiap Tahun. Diambil kembali dari REPUBLIKA.CO.ID: http://bit.ly/36aJq7V.

Downloads

Published

2021-06-23