E-Zoo: APLIKASI PEMESANAN TIKET KEBUN BINATANG DENGAN FITUR SCAN QR CODE DAN FIREBASE CLOUD MESSAGING BERBASIS ANDROID

Authors

  • Deddy Supariandi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Suraya Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

aplikasi moblie, QR Code, firebase, kebun binatang, realtime database

Abstract

Seiring perkembangan zaman teknologi semakin berkembang, salah satunya adalah Firebase dan perangkat android yang mengelola informasi Kebun Binatang dan juga pengelolaan pemesanan tiket berbasis android. Kebun Binatang tidak hanya digunakan sebagai tempat rekreasi, tetapi juga sebagai tempat edukasi dan pusat pemeliharaan berbagai macam hewan/binatang. Di Kebun Binatang biasanya informasi – informasi hewan/binatang masih diletakkan pada papan nama yang terbuat dari kayu berukuran kecil kemudian informasinya kadang ada sebagian tulisan yang sudah rusak/hilang. Pemesanan tiket masih menggunakan cara manual yaitu harus datang terlebih dahulu ke lokasi. Dengan memanfaatkan teknologi sistem operasi berbasis android dengan menggunakan fitur Firebase Realtime Database yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Hal ini berguna sesuai dengan era di mana perkembangan teknologi yang semakin maju. Maka dibuatlah sistem yang mengelola informasi seputar kebun binatang berbasis android/mobile dan teknologi QR Code sebagai sebagai authentication masuk setelah melakukan pembelian. Metodologi yang digunakan untuk membangun “Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kebun Binatang Memanfaatkan Firebase Database Realtime Berbasis Android” ini adalah metode Water Fall (siklus air terjun). Bahasa pemograman yang akan digunakan adalah bahasa pemograman XML, Json, Java script dan penyimpanan data akan menggunakan Firebase Realtime Database Cloud Messaging. Para pengunjung yang hendak datang ke kebun binatang dapat melihat informasi seputar kebun binatang dengan cara menginstal aplikasi. Pengunjung dapat melakukan pemesanan tiket dan memberikan QR Code kepada admin untuk di scanning agar bisa masuk ke dalam kebun binatang dan proses pemesanan tanpa perlu datang langsung ke lokasi pemesanan tiket.

References

Eka Firmansyah, Septian. 2014. Perancangan Aplikasi Kebun Binatang Bandung Berbasis Mobile Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Firebase Libraries: “Firebase” [Online]. Available: https://firebase.google.com/docs/libraries/. [Accessed 01 11 2020].

Firebase Realtime Database: “Firebase” [Online]. Available: https://firebase.google.com/docs/Database?hl=id. [Accessed 01 11 2020].

Payara, G. R., & Tanone, R. (2018). Penerapan Firebase Realtime Database Pada Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 4(3), 397-406. Sonita, A., & Fardianitama, R. F. (2018). Aplikasi E-Order Menggunakan Firebase dan Algoritme Knuth Morris Pratt Berbasis Android. Pseudocode, 5(2), 38-45.

Widayati, Y. T. (2017). Aplikasi Teknologi Qr (Quick Response) Code Implementasi yang Universal. Komputaki, 66-81.

ZXing. 2018. Zebra Crossing (ZXing). http://code.google.com/p/zxing/ (diakses pukul 15.30 tanggal 29 November 2020).

Downloads

Published

2021-01-30