RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMETAAN ANGGOTA KOPERASI PADANG PANGAN DI PASAR TRADISIONAL DEMANGAN BERBASIS WEB

Authors

  • Restiana Pangestuti Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Amir Hamzah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Rosalia Arum Kumalasanti Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

koperasi, padang pangan, SIG, pemetaan, web

Abstract

Sistem Informasi Koperasi Padang Pangan yang ada pada Pasar Demangan masih manual dalam pembukuan setiap transaksi. Petugas koperasi juga mengalami kesulitan dan kerepotan dalam sistem pelaporan yang masih manual dan belum tersaji dalam bentuk digital atau terkomputerisasi. Selain itu kurangnya efisiensi dalam proses transaksi atau pembayaran Koperasi Padang Pangan, yang mana petugas koperasi harus keliling memutari pasar dalam transaksi dengan anggota Koperasi Padang Pangan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi pustaka, metode observasi dan metode wawancara. Sistem Pemetaan nasabah koperasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, MYSQL sebagai database, Apache dan Tomcat sebagai web server, Sublime Text sebagai text editor, UML untuk merancang sistem, Qgis untuk digitasi kios pasar dan Geoserver sebagai data geospasial. Hasil akhir penelitian ini adalah Website Sistem Informasi Geografis Pemetaan Anggota Koperasi Padang Pangan Di Pasar Tradisional Demangan yang merupakan Sistem Pemetaan Nasabah Koperasi yang dibangun berbasis website, dimana data terintegrasi dengan sistem pemetaan SIG dan dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan data anggota koperasi sehingga membantu pengguna (anggota dan petugas koperasi) dalam mendapatkan informasi terkait koperasi dan lokasi kios anggota Koperasi Padang Pangan.

References

Codd, E. F. (1990). The Relational Model for Database Management: Version 2. Boston: Addison-Wesley.

Gibson, R., & Erle, S. (2006). Google Maps Hacks: Foreword by Jens & Lars Rasmussen, Google Maps Tech Leads Kindle Edition. Sebastopol: O'Reilly Media.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Kridalaksana, A. H., Ikayanti, & Khairina, D. M. (2017). Pencarian Lokasi Brand dan Outlet Pada Pusat Perbelanjaan dan Pasar Kota Samarinda Berbasis Webgis Menggunakan Persamaan Kartesius. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 , e-ISSN 2540-7902 dan p-ISSN 2541-366X.

Larsson, A., Widenius, M., & Axmark, D. (2002). MySQL Reference Manual 1st Edition. Sebastopol: O'Reilly Media.

Lee, T. B. (1999). Weaving the Web: The Original Design and Ultimate Destiny of the World Wide Web. NewYork: Harper Business.

Meleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, S. (2016). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit: Analisis dan Perancangan. Bandung: Abdi Sistematika.

Mulyono, Y., Sari, M. W., & Fairuzabadi, M. (2017). sistem informasi geografis pasar tradisional di kabupaten kulon progo berbasis web. Seminar Nasional Dinamika Informatika 2017 , ISBN: 978-602-73690-8-5.

Owen, R. (2018). A New View of Society Kindle Edition. London: Blackmore Dennett.

Soekidjo. (1994). Pengembangan Potensi Wilayah. Bandung: Gramedia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Bandung: Alfabeta.

Sylfania, D. Y., Perkasa, E. B., & Juniawan, F. P. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pemetaan Toko Oleh-Oleh dan Souvenir Khas Bangka di kota Pangkalpinang. Jurnal Teknik Informatika , ISBN: 978-602-60280-1-3.

Thomson, L., & Welling, L. (2016). PHP and MySQL Web Development (5th Edition) (Developer's Library) 5th Edition. Boston : Addison-Wesley Professional.

Tomlinson, R. (2019). Thinking About GIS: Geographic Information System Planning for Managers, Fifth edition. Redlands: Esri Press.

Yuliani, S. T., Sudarsono, B., & Wijaya, A. P. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Pemetaan Pasar Tradisional Di Kota Semarang Berbasis Web. Jurnal Geodesi Undip , vol. 5, no. 2, pp. 208-2016.

Downloads

Published

2021-01-30