APLIKASI PENILAIAN KADER HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID (Studi Kasus HMI Cabang Yogyakarta)

Authors

  • Muhammad Akhir Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Amir Hamzah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Uning Lestari Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

android, penilaian, himpunan mahasiswa islam

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang sains dan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Secara tidak langsung, kehidupan manusia sudah dipengaruhi oleh sains dan teknologi tersebut, hal itu dapat dilihat pada kehidupan kita sehari-hari dimana umumnya masyarakat sudah memiliki teknologi berbasis komputer, smartphone dan tablet. Hal tersebut membuktikan bahwa perkembangan jaman dibidang sains dan teknologi semakin canggih, teknologi pada umumnya dapat membantu manusia dalam proses pemikiran dan pengembangan terhadap kehidupa sosial kemasyarakatan. Himpunan Mahasiswa Islam atau disingkat HMI merupakan organisasi kemahasiswaan yang bergerak dibidang peningkatan ilmu pengetahuan, mengawal perkembangan jaman, baik ekonomi, pendidikan, sosial maupun budaya. Oleh karena demikian HMI berusaha mengadakan satu aplikasi penilaian berbasis android, aplikasi ini dimana untuk bisa menilai kader HMI yang aktif atau tidak dan sudah mengikuti atau belum materi-materi yang ada di HMI, dengan demikian HMI memiliki proses perkaderan yang cukup terstruktur, rapih, dan beroreantasi untuk menunjang pengetahua kadernya pada kehidupan sosial bermasyarakat. Pada penilaian ini kader HMI dinilai saat setelah mereka lulus Latihan Kader 1 dan dinyatakan sebagai anggota. Adanya aplikasi ini untuk menunjang keberadaan para kader, aplikasi ini akan mengimput semua data anggota kemudian dilakukan penilaian dengan cara masing-masing materi dimasukin nilainya berdasarkan kriteria tugas yang diberikan.

References

Yanturidi, 2015, Sistem Pendataan Kader HMI Berbasis Web, Publikasi, Semarang.

Waluyo, 2016, Pembuatan sistem Penilaian Basic Training Berbasis Website, Publikasi, Tegal.

Kharisma, 2017, Sistem Pendataan Kader HMI Se Indonesia Berbasis Android, Publikasi, Jakarta.

Irawan, 2012, Membuat Aplikasi Android Untuk Orang Awam, Maxikom, Palembang.

Wardani, M.N.K., 2012, Aplikasi M-Parking Mobile Parking Berbasis Mobile Android, Naskah Publikasi, Universitas Komputer, Bandung.

Dimanthara, A., 2013, Pembangunan Aplikasi Simulasi Try Out Ujian Nasional SMA Berbasis Mobile, Naskah Publikasi Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. http://e-journal.uajy.ac.id/4391/. Diakses: 20 Mei 2019

Pramudita, R., 2013, Perancanagan Aplikasi Mobile Learning Pada Lembaga Bimbingan Belajar Newtonsix Educenter Berbasis Android. Naskah Publikasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. http://reposttory.amikom.ac.id/files/publikasi_10.113544.pdf. Diakses: 22 Mei 2019.

Downloads

Published

2021-01-30