PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED PADA APLIKASI PENGENALAN OBJEK WISATA BERSEJARAH DI KOTA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Laela Qodar Dwi Jayanti Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Dina Andayati Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Augmented Reality, Marker, Objek 3D, Brosur AR, Wisata

Abstract

Kota Yogyakarta adalah sebuah kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki beberapa potensi pariwisata, salah satunya wisata bersejarah. Namun, beberapa objek wisata bersejarah masih kurang dalam pemberian informasi kepada masyarakat serta media promosi yang terkesan kurang menarik. Calon pengunjung ada kalanya mengalami kesulitan dalam menemukan informasi, cerita sejarah serta lokasi tentang objek wisata. Sehingga diperlukan teknologi untuk memperkenalkan objek wisata dengan lebih menarik dan memudahkan calon pengunjung mengetahui informasi objek wisata tersebut. Teknologi Augmented Reality (AR) berbasis android dapat digunakan sebagai pendekatan untuk membuat aplikasi. Metode marker based digunakan dalam merancang aplikasi. Wujud penerapannya berupa brosur cetak sebagai media untuk melakukan pemindaian marker. Sehingga aplikasi dapat menghasilkan tampilan berupa objek wisata dalam bentuk tiga dimensi (3D), informasi, audio sejarah, dan lokasi objek wisata. Aplikasi dibangun dengan menggunakan Unity 3D dan Vuforia. Aplikasi diuji dengan pengujian fungsional dan dari segi marker. Berdasarkan hasil pengujian, user aplikasi perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhi proses pendeteksian marker yaitu jarak, intensitas cahaya, dan sudut kemiringan pembacaan marker. Namun, perubahan warna pada marker tidak mempengaruhi proses tesebut. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi berhasil melakukan pemindaian marker yang termuat dalam brosur dan menampilkan objek 3D, informasi, audio sejarah singkat, dan tombol lokasi objek wisata bersejarah di Kota Yogyakarta.

References

Efendi, Y., Marinda, A., & Lusiana. (2019). Aplikasi Objek Wisata 3D Augmented Reality Berbasis Mobile. Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronika, 2, 1–9.

Hari, F., & Hendrati, O. D. (2018). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pengenalan Landmark Pariwisata Kota Surakarta. Jurnal Teknoinfo, 12, 7–10.

Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia dan Unity pada Pengenalan Objek 3D dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14, 86–91.

Pamoedji, A. K., Maryuni, & Sanjaya, R. (2017). Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Setiawan, H., Muchtar, H., & Soni. (2019). Aplikasi Pengenalan Situs Bersejarah di Kota Pekanbaru dengan Augmented Reality Markerless Berbasis Android. Jurnal Fasilkom, 9, 387–395.

Tahyudin, I., Fitriyani, N. A., Dewiyanti, N., Amin, M. S., Firdaus, M. Y., & Utama, F. P. N. (2015). Inovasi Promosi Obyek Wisata Menggunakan Teknologi Augmented Teality (AR) Melalui Layar berbasis Android. Jurnal Telematika, 8, 1–13.

Widiya. (2019). Teknologi Augmented Reality: Definisi, Cara Kerja, Pelajari Semua di Sini. jagoanhosting.com. https://www.jagoanhosting.com/blog/teknologi-augmented-reality/. Diakses pada 27 Januari 2020

Widodo, R. N. (2017). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Tempat Wisata yang Interaktif. Simki-Techsain, 1, 1–10.

Downloads

Published

2021-01-30