APLIKASI WEB DAN MOBILE SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DI SMA PKBM NGUDI ILMU SAPTOSARI

Authors

  • Iswanto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Uning Lestari Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Amir Hamzah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

aplikasi, e-learning, web, mobile

Abstract

Keterbatasan waktu, tempat dan jumlah pertemuan antara guru dengan murid adalah masalah utama dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu diperlukan solusi yang efisien agar permasalahan tersebut terpecahkan. E-learning sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran menawarkan beberapa keunggulan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang kerap muncul dalam proses pembelajaran. Berdasarkan keterbatasan pertemuan antara guru dengan murid, maka dibangunlah E-learning berbasis web dan mobile dengan mengunakan bahasa pemrograman PHP dan android dengan menggunakkan database MySQL. Hasilnya telah dibangun Aplikasi Pembelajaran untuk SMA PKBM Ngudi Ilmu Saptosari dengan fasilitas sebagai media penyebaran materi pelajaran, media penyebaran tugas, serta sebagai media informasi guru dan murid. Dalam aplikasi ini memiliki 3 aktor yaitu admin, guru, siswa. admin bertugas sebagai pengelola aplikasi E-learning mengatur jalannya aplikasi agar dapat berjalan dengan baik. Aktor admin bertugas mengelola data kurikulum, tahun semester, guru, siswa, mata pelajaran. Aktor guru memberikan materi serta tugas yang dikerjakan oleh siswa, sementara aktor siswa akan mengerjakan tugas serta mengunduh materi yang diunggah guru dalam sistem. Aplikasi web dan mobile ini dibuat sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar di SMA PKBM Ngudi Ilmu Saptosari. Guru dan siswa sudah bisa melakukan pembelajaran tanpa harus bertatap muka serta proses belajar mengajar tidak terkendala oleh jarak dan waktu.

References

Aisyah, S. (2018) Pembuatan Aplikasi Sistem Proses Cuti dan Penyimpanan Data Pegawai Berbasis Web di PT. Integra Inovasi Indonesia.

Ermawati. (2016) Pemetaan Situs Cagar Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Mobile. Yogyakarta: IST AKPRIND Yogyakarta.

Kallo, K. P. (2018) Pengembangan Aplikasi Kwarda untuk Mengangkat Kekhasan Daerah Istimewa Yogyakarta Mengunakan Framework Laravel. Yogyakarta: IST AKPRIND Yogyakarta.

Novilia,G.A. (2016) Aplikasi Destinasi Wisata Kabupaten Cilacap Berbasis Mobile, Yogyakarta : IST AKPRIND Yogyakarta.

Suhendra, A. (2019) Aplikasi Mobile informasi Pariwisata Di Kabupaten Temanggung Berbasis Android. Yogyakarta: IST AKPRIND Yogyakarta.

Yunavania, F. (2015). Aplikasi Pencari Agen Resmi PT. Garuda di Wilayah Yogyakarta Pada Ponsel Berbasis Android. Yogyakarta: Jurnal IST AKPRIND Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-01-30