SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PENGENDALIAN MUTU PENGUJIAN SAMPEL BERBASIS WEB PADA BALAI LABORATORIUM LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Hariyo Utomo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Uji sampel, codeigniter, PHP, MySQL, Pengguna

Abstract

Balai Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta bertugas untuk melakukan pengujian sampel meliputi air minum, air limbah, dan air permukaan. Pada penelitian ini, difokuskan dalam meningkatkan bentuk pelayanan publik agar terlaksananya pelayanan yang efektif, maka dari itu diperlukan suatu sistem yang mampu mengatasi secara tepat waktu agar terhubung setiap saat demi memberikan pelayanan yang up to date dan tepat setiap waktunya, terutama pelayanan dalam segi pengujian kualitas lingkungan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Perancangan ini dibuat menggunakan pemodelan UML untuk pendekatan objek, untuk perancangan perangkat lunaknya mengunakan bahasa pemograman PHP menggunakan framework Codeigniter dan Bootstrap dan basis data MySQL. Pengguna dalam sistem ini yaitu administrator sekaligus front office yang memiliki hak untuk mengakses sistem, analis yang merupakan pengelola hasil pengujian sampel, verifikator yang merupakan pengelola laporan hasil uji, serta pelanggan yang merupakan klien yang menggunakan sistem layanan ini.

References

Atmaja, A. P. (2017). SISTEM MONITORING PERKULIAHAN MENGGUNAKAN POLA DESAIN MVC DI POLITEKNIK NEGERI MADIUN. Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), 36-42.

Herawati, S. &. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENCATATAN DAN PELAPORAN TERPADU PUSKESMAS. Jurnal Ilmiah Multitek Indonesia, 39-57.

Said. (2017). PERANCANGAN SISTEM PENGAMBILAN KARTU UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA) . JURNAL TEKNOLOGI TECHNOSCIENTIA , 10.

Downloads

Published

2021-01-30