IMPLEMENTASI APLIKASI NMS (NETWORK MANAGEMENT SYSTEM) UNTUK MANAJEMEN KESELAHAN DALAM JARINGAN

  • Jefri Nur Arifat Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Joko Triyono Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Amir Hamzah Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: NMS, Jaringan Komputer, SNMP, Manajement Kesalahan, Sistem Informasi

Abstract

Network Management System (NMS) merupakan implementasi dari model FCAPS (Fault, Configuration, Accounting, Performance dan Security) dimana standar yang digunakan yaitu Simple Network Management Protocol (SNMP). SNMP merupakan sebuah protokol yang didesain untuk memberikan kemampuan kepada pengguna dalam mengelola jaringan komputernya dari jarak jauh. Pada penelitian kali ini akan mengambil salah satu area tentang Fault Management. Mekanisme yang akan digunakan untuk manajemen kesalahan yakni dengan mendeteksi terjadinya kesalahan pada perangkat, kemudian melakukan identifikasi dan untuk selanjutnya memberikan solusi atas kesalahan yang terjadi. Adapun kategori kesalahan (fault) yang diinformasikan pada sistem ini adalah kesalahan ketika terjadi kegagalan konektivitas pada jaringan, beban CPU meningkat, penggunaan RAM mulai tinggi, dan penggunaan harddisk yang mulai penuh. Dari hasil penelitian yang diperoleh, aplikasi Network Management System (NMS) yang dibangun dapat memberikan informasi kesalahan serta solusi kepada admin jaringan apabila terjadi kesalahan (fault) pada jaringan. Perancangan dan implementasi sebuah aplikasi NMS merupakan solusi yang efektif dalam mencari dan menemukan kesalahan yang terdapat pada suatu jaringan, sehingga dapat dilakukan perbaikan atau penanganan lebih awal agar masalah tersebut tidak berakibat pada penurunan kinerja pada perangkat komputer

References

Abidin, M.H.S., Ardian.Y., 2015, Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Network Berbasis Web Menggunakan HTML5 pada Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Kanjuruhan, Malang.
Lestariningati, S.I., Rozak.F., 2014, Pembangunan Aplikasi Monitoring Jaringan Berbasis Web Simple Network Management Protocol, Jurusan Teknik Komputer, Universitas Komputer Indonesia.
Kusuma, F.I., 2015, Perancangan Sistem Monitoring Perangkat Jaringan Berbasis SNMP, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tangaguling, J.S., Limpraptono, F.Y., Sotyohadi, 2012, Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Monitoring Traffic Jaringan Internet Berbasis Web Dengan Menggunakan Protokol SNMP, Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional, Malang.
Published
2020-06-01