SISTEM INFORMASI TOKO ONLINE MUNEERASILVER MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DAN WEBSERVICE RESTFUL

Authors

  • Widiharto Kurniawan
  • Erfanti Fatkhiyah
  • Dina Andayati

Keywords:

Sistem, informasi, onlibe

Abstract

Saat ini teknologi informasi berkembang sangat pesat. Dunia perdagangan juga telah memanfaatkan teknologi informasi khususnya website atau suatu sistem informasi online untuk melakukan kegiatan jual-beli melalui internet. Cara ini dapat mengubah yang dulunya berdagang begitu merepotkan menjadi lebih efisiennya berdagang, yang dulunya berdagang harus mempunyai toko sebagai tempat berdagang, tetapi sekarang dengan cara ini pengusaha tidak perlu harus mempunyai toko untuk tempat berdagang, selain itu dengan cara ini pemasarannya akan semakin luas.

Sistem informasi Toko Online Muneerasilver ini dibangun berbasiskan web menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter serta Restful Webservice untuk komunikasi antar sistem. Sistem ini memudahkan pemilik usaha dalam mengelola data produknya dan juga data penjualannya. Sistem Muneerasilver ini juga menyediakan fasilitas API untuk digunakan oleh reseller. Sistem Reseller dapat melakukan komunikasi dengan Sistem Muneerasilver menggunakan API yang telah disediakan dan melalui webservice. Webservice yang digunakan adalah Restful, karena cara pengimplementasiannya tidak sulit serta cepat dalam melakukan transfer data. Dengan cara ini sistem Reseller dapat mengambil data produk dari sistem Muneerasilver dan juga melakukan pemesanan produk dari sistem Reseller ke sistem Muneerasilver.

Sistem informasi muneerasilver ini sudah dapat memenuhi kebutuhan pemilik usaha untuk menjalankan usahanya secara online. Dengan adanya fasilitas API untuk reseller maka reseller dapat melakukan penjualan produk dan melakukan pemesanan menjadi lebih mudah.

References

Indrajit, E.R., 2001, E-Commerce : Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya.Elex Media Komputindo. Jakarta.
Fieldeng,R T. and Richard N., 2005, Principled Design of the Modern Web Architecture, ACM Transactions on Internet Technology, Vol. 2, No. 2, May 2002
McWherter,J. and Scott Gowell., 2012, Professional Mobile Application Development, John Wiley & Sons, Inc., Indianapolis, USA.
O’Brien, J., 2005, Pengantar Sistem Informasi, Salemba Empat, Jakarta.
Septian, G., 2011, Trik Pintar Menguasai Codeigniter. Elex Media Komputindo, Jakarta.
http://ellislab.com/codeigniter, Codeigniter, diakses tanggal 20 Desember 2013

Downloads

Published

2015-01-07