SISTEM INFORMASI PELAYANAN RUMAH SAKIT PADA RUMAH SAKIT UMUM CHASAN BOESOIRIE MALUKU UTARA BERBASIS CLIENT SERVER

Authors

  • Dafik M Rasai
  • Edhy Sutanta
  • Amir Hamzah

Keywords:

Sistem Informasi Rumah Sakit, client/server, , Delphi 7.0, Mysql

Abstract

Sistem Informasi Pelayanan Rumah Sakit umum Chasan Boesoirie merupakan  sistem komputerisasi pengelolaan data, pelayanan, beserta laporan dan inforamasi yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan pendapatan yang berkatain dengan Rumah Sakit. Sistem Informasi Pelayanan Rumah Sakit umum Chasan Boesoirie memiliki kemampuan koneksi database berbasis client server. Sistem informasi Pelayanan Rumah Sakit Umum Chasan Boesoirie bertujuan untuk melakukan pengelolaan informasi berkaitan dengan proses Administrasi Rumah Sakit diantaranya Pelanan Pemeriksaan Pasien, Penangan Rawat jalan, Rawat inap, pemberian obat, sampai pada administrasi Keuangan Rumah sakit. Sistem informasi Pelayanan Rumah Sakit Umum Chasan Besoirie disusun dengan bahasa pemrograman Delphi 7.0 dengan MySQL. Kelebihan lain yang dimiliki oleh sistem adalah kelengkapan laporan yang dapat ditampilkan secara terinci dan terekap berkaitan dengan jenis-jenis Pelayanan Rumah Sakit Pada Rumah Sakit Umum Chasan Boesoirie.

References

Adiyatno, 2009, Sistem Aplikasi Komputerisasi Pengelolaan Kegiatan Pelayanan Jasa Kesehatan Masyarakat Pada Rumah Sakit Grhasia Berbasis Client Server, ISTAKPRIND Yogyakarta.
Afiq, 2008, Sistem Aplikasi Keuangan Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kabupaten Gunung Kidul Berbasis Client Server dengan Delphi & MySQL, Skripsi, Teknik Informatika, ISTAKPRIND Yogyakarta.
Agustinus, 2009, Sistem Komputerisasi Pengolahan Data Service Kendaraan Bermotor Pada Yamaha Condong Catur Berbasis Client Server Dengan Delphi dan MySQL,IST AKPRIND, Yogyakarta.
Alam, 2009, Membuat Program Aplikasi menggunakan Delphi 6 & Delphi 7, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Santosa, 2001, Perancangan Komputerisasi Sistem Informasi Rekam Medis dan Rawat Inap Pada PKU Muhammadiyah Yogyakarta, STMIK AMIKOM Yogyakarta
Fathansyah, 1999, Buku Teks Komputer Basis Data, Jilid I Informatika, Bandung.
Hall, 2009, Sistem Informasi Akuntansi, Salemba Empat Jakarta.
Husni, 2009, Membuat Aplikasi DataBase Client – Server Dengan Delphi dan MySQL, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Jayanto, 2005, Membuat Aplikasi database dengan Delphi, PT Elex Meda Komputindo, Jakarta.
Jogiyanto, HM, 2004, Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.
Mahyuzir, 2009, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi, PT Elex Media Komputindo Jakarta
Rasai, 2013, Sistem Aplikasi Pengelolaan Pembayaran Pajak Hotel Dan Restoran Pada Dinas Pendapatan Daerah Kotamadya Maluku Utara Berbasis Client Server, IST AKPRIND Yogyakarta.
Ruswanti, 2009, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Pada RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, STMIK AMIKOM Yogyakarta
Taramagana, 2013, Sistem Informasi Pelayanan Rehabilitasi Medis Dan Keterapian Fisik Pada Rumah Sakit Umum DaerahKabupaten Sleman Berbasis Client Server, IST AKPRIND, Yogyakarta.
Wijanarko, 2010, Sistem Aplikasi Pengelolaan Pendapatan Sektor Retribusi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah Kabupaten Kulon Progo, IST AKPRIND, Yogyakarta.

Downloads

Published

2015-01-07