SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA RUMAH KOS MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DI KELURAHAN DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Guridno Adi Saputro
  • Amir Hamzah
  • Joko Triyono

Keywords:

Sistem Informasi, Rumah Kos, GIS, SMS Gateway

Abstract

Sistem informasi merupakan teknologi informasi yang saat ini berkembang begitu pesat. Teknologi yang dapat membantu lebih mudah, cepat, aman dan efektif jelas sangatlah membantu siapa saja yang memanfaatkannya. Termasuk didalamnya untuk membantu mahasiswa dalam pencarian rumah kos. Disaat sedang melakukan studi/kuliah kebutuhan akan rumah kos sangatlah penting, mengingat para mahasiswa yang melakukan studi dalam waktu yang cukup lama dan membutuhkan tempat tinggal di area tersebut. Dan itu membuat masalah bagaimana mahasiswa tersebut dapat mencari rumah kos yang sesuai, mengingat beberapa kendala seperti tidak tahu daerah tersebut, atau tidak memiliki teman yang dapat menunjukkan rumah kos yang sesuai untuk mahasiswa tersebut. Sistem informasi ini yang nantinya akan mewadahi bagi para mahasiswa yang merasa kebinggungan dalam mencari rumah kos yang sesuai serta akan membantu pemilik kos dalam memasarkan rumah kosnya secara online. Sistem yang difokuskan dalam mencari kriteria kos yang sesuai sampai dengan pemesanan untuk kamar kos tersebut dapat dilakukan dengan sistem ini. Keberhasilan dari implementasi sistem ini adalah dapat berjalan dengan baik untuk membantu para mahasiswa didalam mencari lokasi rumah kos yang sesuai. Dari pencarian, penunjuk arah, sampai dengan pemesanan secara online dan fasilitas respon dari sistem menggunakan SMS (Short Message Service) bagi pemilik kos yang memudahkan dalam proses pemesanan.

References

Abidin, B. (2012). Sistem Informasi Rumah Kos Online Berbasis Web dan Messaging. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Astari, D. (2013). Sistem Informasi Percetakan dengan Fasilitas SMS Gateway menggunakan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: TA UGM.
Bootstrap. (2013, November 11). Bootstrap. Retrieved November 15, 2013, from Bootstrap: http://getbootstrap.com
CakePHP. (2014, Januari 28). CakePHP. Retrieved Januari 29, 2014, from CakePHP: http://cakephp.org/
Dantes, G. R. (2007). Rancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains & Humaniora , 11.

Ellislab. (2013, Oktober 16). CodeIgniter. Retrieved Oktober 18, 2013, from CodeIgniter: http://ellislab.com/codeigniter/
Google. (2013, Desember 11). Google Maps. Retrieved Desember 15, 2013, from Google Maps: https://maps.google.com
Husen, M. S. (2013). Sistem Informasi Lokasi Industri di Tingkat Kabupaten Bantul Berbasis Geographic Information System (GIS). Yogyakarta: IST AKPRIND Yogyakarta.
Saputra, A (a). (2013). Step By Step Membangun Aplikasi Bioskop Dan SMS. Yogyakarta: Lokomedia.
Saputra, A (b). (2013). Trik Kolaborasi CodeIgniter & jQuery. Yogyakarta: Lokomedia.
Sidik, B. (2013). Framework Codeigniter. Bandung: Informatika.
Sirenden, B. H. (2013). Buat Sendiri Aplikasi Petamu menggunakan CodeIgniter dan Google Maps API. Yogyakarta: Andi Offset.
Westriningsih. (2013). Javascript Source Code Paling dicari. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles