SISTEM PENCARIAN DAN PEMESANAN RUMAH KOS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG)

Authors

  • Harri Singgih Pratikto
  • Suraya -
  • Edhy Sutanta

Keywords:

Sistem, Informasi, pencarian dan pemesanan

Abstract

Sistem informasi merupakan teknologi informasi yang saat ini berkembang begitu pesat. Teknologi yang dapat membantu lebih mudah, cepat, aman dan efektif jelas sangatlah membantu siapa saja yang memanfaatkannya. Termasuk didalamnya untuk membantu mahasiswa dalam pencarian rumah kos. Disaat sedang melakukan studi/kuliah kebutuhan akan rumah kos sangatlah penting, mengingat para mahasiswa yang melakukan studi dalam waktu yang cukup lama dan membutuhkan tempat tinggal di area tersebut. Dan itu membuat masalah bagaimana mahasiswa tersebut dapat mencari rumah kost yang sesuai, mengingat beberapa kendala seperti tidak tahu daerah tersebut, atau tidak memiliki teman yang dapat menunjukkan rumah kost yang sesuai untuk mahasiswa tersebut. Sistem informasi ini yang nantinya akan mewadahi bagi para mahasiswa yang merasa kebinggungan dalam mencari rumah kos yang sesuai serta akan membantu pemilik kos dalam memasarkan rumah kosnya secara online. Sistem yang difokuskan dalam mencari kriteria kost yang sesuai sampai dengan pemesanan untuk kamar kost tersebut dapat dilakukan dengan sistem ini. Keberhasilan dari implementasi sistem ini adalah dapat berjalan dengan baik untuk membantu para mahasiswa didalam mencari lokasi rumah kos yang sesuai. Dengan menggunakan framework CodeIgniter membuat web kos menjadi lebih cepat dan pencarian, penunjuk arah, sampai dengan pemesanan secara online yang memudahkan dalam proses pemesanan.

References

Abidin, B. (2012). Sistem Iinformasi Rumah Kos Online Berbasis Web dan Messaging. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Ardiansyah. (2010). aplikasi web batik online sebagai media promosi wisata dan budaya Daerah Istimewa Yogyakarta berbasis PHP dan MYSQL. Yogyakarta: Perpustakaan Ist Akprind.
Arief, M. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP Dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.
Hastomo. (2012). Pengertian dan Sejarah PHP. Retrieved September 26, 2013, from Hastomo Network: http://hastomo.net/php/pengertian-dan-sejarah-php/
Husen. (2013). Perancangan dan Implementasi Web GIS Pariwisata Kabupaten Bantul. Yogyakarta: IST Akprind.
Kadir, A. (2008). Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.
Kadir, A. (2003). Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.
Proboyekti, U. (2013). konsep sistem informasi. pengantar teknik informatika , 1.
Saputra, H., & Sugiri. (2008). Pengelolaan Database MySQL Dengan PhpMyadmin. Yogyakarta.
Sidik, B., & Pohan, H. (2007). Pemograman Web dengan HTML. Yogyakarta: Andi.
Sugiri. (2007). Desain WEB Menggunakan HTML + CSS. Yogyakarta: Andi.
Sukamto, R., & Salahudin, M. (2008). Belajar Pemograman Dengan HTML. Bandung: Informatika.

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles