SISTEM PENDETEKSI KESALAHAN PADA KALIMAT BAHASA INGGRIS

Authors

  • Richard Lung Ping Lak
  • Muhammad Sholeh
  • Amir Hamzah

Keywords:

deteksi, bahasa inggris, garmmar

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris terdapat sebuah tata bahasa yang digunakan sebagai standar untuk mengetahui bahasa yang digunakan itu sudah  benar atau belum. Standar yang digunakan biasa disebut grammar. Di zaman sekarang banyak sekali aplikasi-aplikasi penerjemah kata yang bermunculan, baik online maupun offline. Akan tetapi, masih ada kekurangan secara struktural dalam aplikasi-aplikasi tersebut sehingga membingungkan masyarakat dalam hal belajar bahasa Inggris.

Pada aplikasi ini digunakan metode bottom-up yang cara kerjanya mendeteksi satu demi satu kata didalam kalimat yang akan dideteksi. Oleh karena itu metode yang digunakan sangat berguna sekali dalam proses pendeteksian. Aplikasi yang dibuat dapat melakukan proses pendeteksian kesalahan dalam kalimat bahasa inggris secara struktural. Selain pendeteksian, terdapat fitur tutorial grammar dan kamus bahasa Inggris ke Indonesia untuk menopang pembelajaran bahasa Inggris, masyarakat awam juga dapat menggunakan aplikasi ini dikarenakan tampilan aplikasi sangat sederhana dan mudah digunakan.

Oleh karena itu, dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat mempelajari atau mengetahui kesalahan struktural dalam kalimat bahasa Inggris dan juga dapat meningkatkan proses pembelajaran bahasa Inggris secara efektif dan efisien.

References

Ariva. (2008). Aplikasi Elektronik Learning Bahasa Jawa menggunakan Php dan Mysql. Yogyakarta: Skripsi. Teknik Informatika. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND.
Emmaryana, F. (2010). An Analysis On The Grammatical Errors In The Student's Writing. Jakarta: Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Islam "Syarif Hidayatullah".
Gunawan, I. (2010, 10). Retrieved 2 12, 2014, from imamgunawan.files.wordpress.com: http://imamgunawan.files.wordpress.com/2010/10/praktikum-41.pdf
Hidayat, R. T. (2006). Belajar Mudah Bahasa Inggris. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Jogiyanto. (1990). Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Khusaini. (2013). Implementasi Left Corner Parsing untuk Pembelajaran Grammar Bahasa Inggris pada Game 3D Adventure Go To London. Teknik Informatika, Skripsi. Teknik Informatika. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Martina, I. (2002). Database Client/Server menggunakan Delphi. Jakarta: Elex Meda Komputindo.
Nina, A. R. (2010). English Grammar. Yogyakarta: Pustaka Widiatama.
Nuryasin. (2012, 3). Retrieved 2 12, 2014, from stampel.files.wordpress.com: http://stampel.files.wordpress.com/2012/03/modul-database.doc
Purbasari, I. Y. (2007). Desain & Analisis ALGORITMA. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siregar. (2008). Kamus Elektronik Bahasa Batak Toba - Indonesia. Yogyakarta: Skripsi. Teknik Informatika. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND.
Sudargo, P. (2004). Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan Delphi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles