APLIKASI MOBILE GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Yunis Aprilianti Aprilianti
  • Uning Lestari
  • Catur Iswayudi

Keywords:

permainan matematika, kelas VI, SD, Android

Abstract

Perkembangan teknologi perangkat bergerak saat ini sangatlah pesat, perangkat bergerak tidak hanya dapat digunakan sebagai media berkomunikasi tapi juga sebagai media hiburan. Salah satu layanan yang sangat di gemari pada perangkat bergerak adalah permainan. Dalam hal ini permainan tidak hanya digunakan untuk menghibur tapi juga digunakan sebagai media yang memberi pelajaran.

Permainan yang dikembangkan merupakan permainan matematika yang berisi materi dari kelas VI Sekolah Dasar. Permainan memiliki 3 level yang dapat dipilih oleh pemain dan juga materi yang dapat diakses oleh pemain sebelum memulai game.

Perancangan game  ini menggunakan accelerometer pada sistem operasi android yang diintegerasikan dengan Physics Engine Library Box2D. Selain itu, permainan ini dibangun dengan menggunakan Framework dari Libgdx dengan bahasa pemrograman java dan juga alat bantu CorelDraw X5, dan Adobe Photoshop. Perancangan dan pembuatan permainan ini bertujuan untuk menarik minat anak-anak yang berusia setingkat siswa kelas VI Sekolah Dasar dalam belajar matematika.

References

Burnette, Ed, 2010, Hello, Android: Intoducing Google’s Mobile Development Platform 3rd Edition, The Pragmatic Bookshelf, Texas USA
Courant, R., H. Robbins, 1996, What Is Mathematics? : An Elementary Approach to Ideas and Methods, Oxford University Press, USA
Hermawan, B,. 2004, Menguasai Java 2 dan Object Oriented Programming, Penerbit Andi, Yogyakarta
Jasson, 2009, Role Playing Game (RPG)Maker, Penerbit ANDI, Yogyakarta
Nilwan,A,2010, Pemrograman Animasi dan Game Profesional,Elex Media Komputido, Jakarta
Primantari, F., Luky, H., Windarti,S.T., 2011, Pembuatan Game Education Aritmetika Menggunakan Macromedia Flash 8 Untuk Kelas III dan IV Sekolah Dasar, Jurnal Informatika dan Komputer, Universitas Surakarta
Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Tarsito,Bandung
Sagala, S, 2010, Konsep dan Makna Pembelajaran, ALFABETA, Bandung
Sanjaya, W, 2010, Strategi Pembelajaran, Kencana Prenada MediaGroup, Jakarta
Siswanto,Y., Purnama B.E., 2012, Sukadi, Rancang Bangun Aplikasi Mobile Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam untuk Anak Kelas VI Sekolah Dasar, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) FTI UNSA, Fakultas Teknologi Informatika Universitas Surakarta
Suraji, G.K., 2013, Perancangan Media Pembelajaran IPS Kelas 6 Di Sekolah Dasar
Negeri 2 Rowobungkul Kabupaten Blora Berbasis Multimedia Interaktif. Prosiding Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013, Vol-2 Maret 2013. Fakultas Teknologi Informatika Universitas Surakarta
Yuliyanti,S., 2012, Analisis dan Perancangan Game Edukasi Berbasis Java “Kreatif dengan Bermain”, Skripsi STIMIK AMIKOM, Yogyakarta
Zencher, M, 2011, Beginning Android Games, Apress, New York.
Utomo,D.P.,Ariijany,I., 2009, Matematika untuk Kelas VI SD/MI, Departemen Pendidikan Nasional:Pusat Pembukuan, Jakarta

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

Articles