IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA PADA PENJADWALAN PERKULIAHAN

Authors

  • Desti Arghina Listyaningrum
  • Uning Lestari
  • Naniek Widyastuti

Keywords:

penjadwalan, perkuliahan

Abstract

Dalam sistem akademik perguruan tinggi, penjadwalan merupakansalah satu permasalahan pengalokasian aktivitas perkuliahan ke dalam slot waktu yang telah ditentukan. Penyelesaian masalah penjadwalan perkuliahan dalam jumlah yang sangat besar hingga saat ini masih menjadi permasalahan yang rumit untuk diselesaikan secara manual. Perguruan Tinggi harus memberikan jadwal yang nantinya masuk kedalam waktu tertentu dimana setiap perkuliahan tidak benturan. Penjadwalan pada umumnya diperlukan untuk mengantisipasi adanya benturan jam kuliah dan juga waktu dosen dalam mengajar. Jadwal yang dihasilkan juga harus memenuhi batasan dan syarat yang bertujuan agar jadwal yang dihasilkan sesuai saat digunakan.Berdasarkankondisi diatas, maka dibutuhkan suatu sistem untuk membuat jadwal supaya tidak benturan sehingga bisa meningkatkan efisiensi kerja dari berbagai pihak.Kemungkinan yang terjadi untuk menemukan hasilterbaik,danmetode yang diterapkan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan perkuliahan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah pendekatan menggunakan Algoritma Genetika.Proses aplikasi penjadwalan ini dimulai dengan membangun populasi yang merupakan kombinasi dari data kelas, data ruang, data dosen dan time slot, lalu dilanjutkan dengan inisialisasi awal dan perhitungan menggunakan algoritma genetika. Pada proses perhitungan algoritma juga dilakukan pengecekan chromosome jika terjadi benturan. Dari hasil yang ada, diperoleh hasil jadwal yang baik yang berarti tidak ada benturan antar jadwal dan semua kelas dapat dijadwalkan. Jadwal yang dihasilkan juga dikatakan optimal jika memenuhi syarat yang ada yaitu proses akan berhenti jika solusi sudah didapat atau tidak pernah ada solusi. Jadi Algoritma Genetika, yang diterapkan pada aplikasi dapat menghasilkan jadwal yang baik dan optimal.

References

Bangun, P. B. (2012). Penerapan Konsep Algoritma Genetika Untuk Penjadwalan Kegiatan Perkuliahan Semester Ganjil Kurikulum 2012 di Jurusan Matematika FMIPA UNSRI. Jurnal Penelitian Sains , 55-59.
Fachrudin, A. (2010). Penerapan Algoritma Genetika Untuk Masalah Penjadwalan Job Shop Pada Lingkungan Industri Pakaian . Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Fitri, R. (2004). Penjadwalan Perkuliahan Dengan Pengujian Tabel Waktu (Time-Table) Menggunakan Algoritma Genetika. 2004: Universitas Komputer Indonesia.
Hermawanto, D. (2007). Tutorial Algoritma Genetika. KIM - LIPI , 1-7.
Syadid, M. (2008). Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Algoritma Genetika. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Ulfa, L. M. (2011). Optimasi Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Algoritma Genetika. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Yunantara, M. D. (2012). Analisis dan Implementasi Penjadwalan Pengembangan Model Crossover Dalam Algoritma Genetika. Jurnal Elektronik Ilmu Komputer - Universitas Udayana , 16-17.

Downloads

Published

2017-01-10

Issue

Section

Articles