APLIKASI PENCARIAN LOKASI AGEN TIKI (TITIPAN KILAT) DI YOGYAKARTA UNTUK ANDROID

Authors

  • Untoro Hadi Suharto
  • Joko Triyono
  • Edhy Sutanta

Keywords:

android, aplikasi, GPS, TIKI, Eclipse, Java, Yogyakarta

Abstract

TIKI (titipan kilat) adalah suatu jasa pengiriman barang domestik maupun internasional. TIKI sendiri sudah memiliki sistem yang sudah berjalan dan sistem itu berupa website dinamis yang hanya bisa digunakan menggunakan browser internet. Saat ini sistem operasi open source android berkembang sangat pesat dan menanjak popularitasnya karena berani menyaingi menyaingi sistem operasi mobile lain seperti ios, blackberry atau windows phone. Hal ini mendorong untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh sistem operasi android, dengan membangun sebuah aplikasi GPS (Geographic Positioning System) dengan menggunakan Google Maps untuk pencarian lokasi agen TIKI di Yogyakarta. Aplikasi ini diharapkan agar para pengguna TIKI tidak repot untuk membuka sistem yang ada di website TIKI karena aplikasi ini bisa digunakan di perangkat mobile yang ada dengan sistem operasi Android.

Aplikasi ini diharapkan mempermudah pengguna aplikasi untuk melihat data nomor resi untuk pelacakan barang yang dikirim dengan fitur cek resi. Fitur TIKI terdekat adalah fitur yang akan menampilkan rute terdekat menuju lokasi agen TIKI dari posisi pengguna aplikasi berada menuju ke lokasi agen TIKI yang dituju dan bisa mempelihatkan dimana letak agen TIKI itu berada dengan tampilan marker yang berwarna biru yang berada di maps.

Aplikasi pencarian lokasi agen TIKI ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman php dan pengolahan database menggunakan MySQL. Software Eclipse juga mendukung pembuatan aplikasi ini karena aplikasi ini memerlukan bahasa pemrograman Java, agar dapat diterapkan pada perangkat mobile berbasis Android.

References

Akbar, A.R., 2011, Peningkatan Kinerja Server Aplikasi Web GIS Berbasis PostgreSQL dan Map Server, Skripsi, Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Barus, N., Wiradisastra, 2000, Pengenalan GIS (Geographic Information System) untuk pembuatan website, Informatika Bandung, Bandung.
Fachri, 2012, Analis dan Perancangan Sistem Jasa Pengiriman Barang &
Tracking Berbasis Web pada PT. Sriwijaya, Skripsi, Universitas Bina
Nusantara, Jakarta.
Humaedi, 2009, Monitoring Anak Sungai Brantas Berbasis Mobile Application Map dan Pemetaan, Skripsi, Universitas Budi Luhur, Jakarta.
Movable Type Scripts, 20 September 2013, Calculate distance, bearing and more between Latitude/Longitude, www.movable-type.co.uk/scripts/latlong.html.
Prahasta, E., 2002, System Informasi Geografi Tutorial ArcView, Informatika Bandung, Bandung.
Wikipedia Indonesia, 30 September 2013, Sistem Operasi Android http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi).

Downloads

Published

2014-07-01