APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HEROIS DE PATRIA DE TIMOR LESTE UNTUK PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DAN XML

Authors

  • Noel Adriano Cardoso
  • Uning Lestari
  • Catur Iswayudi

Keywords:

Interactive learning, Multimedia, XML

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang komputer saat ini, baik dalam perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software), hampir sebagian besar pekerjaan manusia kini diselesaikan dengan komputer. Dengan demikian, komputer dapat dikatakan sebagai salah satu alat bantu manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Pemakaian komputer sering digunakan untuk hal-hal yang berkenaan dengan pemrosesan data (data processing) dan pengolahan kata (word processing).

Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Adobe Flash CS3, yang mendukung pembuatan animasi interaktif karena dilengkapi dengan tools untuk menggambar, script programming, dan akses database. Sedangkan database yang sering digunakan adalah XML, karena database XML bersifat cross-platform berupa file txt sehingga dapat digunakan di berbagai OS tanpa menginstall aplikasi lainnya untuk menjalankan database.

Multimedia merupakan penggabungan banyak unsur media,teks, suara, gambar,animasi, dan video. Sehingga multimedia menjadi sarana yang tepat yang memenuhi semua unsur untuk menjadi alat penyampai pesan dari guru kepada siswa. Unsur animasi yang didesain dengan tema anak yang digunakan dapat menggambarkan secara jelas gambar-gambar pahlawan Timor Leste.

References

Arif, C.P. 2013, Perancangan Game Helindo (Helikopter Indonesia)
Menggunakan Adove Flash CS4, Skripsi, STIMIK AMIKOM Yogyakarta
Heinich, 2002, Adobe Flash Cs 4, Penerbit Andi, Yogyakarta
Heinich, M. R, 1982,Instructional Media And The New Technologies Of Instructions, Willy And Son, New York
Hermanto, J, 2005,Media Pengenalan Pahlawan Berbasis Web, Skripsi, AMIKOM Yogyaakarta.
Jogiyanto, H.M, 2002,Membangun Sistem informasi Komputer, Tiga Serangkai, Solo
Mukminan, 2008,Pengembangan Media Pembelajaran,Yogyakarta, Skripsi, Universitas Negri Yogyakarta.
Rahmatur, 2011,Aplikasi Pembelajaran Rumah Adat Dan Lagu Daerah dengan
Media Game Mengetik Interaktif Menggunakan Adobe FlAsh”
Rizal R.,2011, Aplikasi pembelajaran rumah adat dan lagu daerah dengan media game mengetik interaktif menggunakan adobe flash, Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Suyanto, 2010,Mahir Dalam 7 Hari Adobe Flash Cs4, Penerbit Andi Yogyakarta

Downloads

Published

2014-07-01