APLIKASI VIRTUAL GAME KARTU KEJUJURAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3

Authors

  • Erni Astuti
  • Edhy Sutanta
  • Uning Lestari

Keywords:

game, kartu kejujuran, Adobe Flash CS3

Abstract

Virtual Game Application “Kartu Kejujuran” merupakan game kartu yang diimplementasikan di komputer menggunakan software Adobe Flash CS3. Game  ini menggunakan kartu dengan desain gambar menggunakan warna-warna yang cerah sesuai dengan karakter anak-anak. Game kartu kejujuran bertujuan untuk melatih seorang anak berkata jujur dengan kondisi yang sebenarnya dialami. Game kartu disertai dengan pertanyaan yang berkaitan dengan karakter baik, seperti jujur, cinta lingkungan, gotong royong, bersahabat yang harus dijawab oleh pemain. Game kartu kejujuran dilengkapi pertanyaan dan narasi cerita yang akan muncul setelah game selesai. Narasi cerita merupakan rangkaian cerita yang tersusun oleh seorang anak yang memenangkan game.

Game kartu kejujuran telah dipraktekkan pada anak-anak Sekolah Dasar dari SD N Tempursari. Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan komputer dan kuisoner berupa pertanyaan untuk mengetahui tanggapan dari anak-anak tentang aplikasi game kartu kejujuran. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan, dari 10 responden hasilnya 90% anak menyatakan aplikasi mudah dijalankan dan dapat menangkap informasi yang disampaikan melalui aplikasi game kartu kejujuran, 80% anak menyatakan mengerti alur jalannya aplikasi dan penggunakan audio sudah sesuai dengan aplikasi, 100% anak menyatakan desain aplikasinya menarik, 80% anak menyatakan aplikasi ini layak dimainkan oleh anak-anak.

 

References

Kira, 02 Februari 2013, Kecerdasan Buatan pada Game Kartu 41, http://elank11.blogspot.com/2010/02/proposal-skripsi-ku-kecerdasan-buatan.html
Nugraheni, dkk, 2012, kartu Kejujuran: Kartu Permainan Kreatif dan Edukatif sebagai Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Sejak Dini, Yogyakarta, IST AKPRIND Yogyakarta.
Saputra.D.N.,. 10 Januari 2013. Membangun Aplikasi Plane Fighter Menggunakan Flash. http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_06.12_.1693_.pdf
Wibawanta, Wandah. 2006. Membuat Game Dengan Macromedia Flash. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-06-01